Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pembelajaran Tajwid Di TPA At-Taubah Unit 058 Banjarmasin

Masyithah Masyithah, Siti Norma Lestari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengikuti pembelajaran tajwid di TPA At-Taubah Unit 058 Banjarmasin, yang mana dalam pembelajaran tajwid siswa memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda ketika diberikan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid dan memaparkan keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid di TPA At-Taubah Unit 058 Banjarmasin. Jenis penelitian ini yaitu lapangan (fieldresearch) adalah studi yang dilakukan dengan menyelusuri atau mendapatkan data dengan mendatangi lembaganya secara langsung. Bentuk penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Analisis dari seluruh hasil studi yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid yaitu strategi make a match dan mind mapping demonstrasi, tanya jawab, talaqqi, dan sima’i. Strategi ini sudah dirancang dengan baik oleh para guru pengajar. Pembelajaran tajwid disini meliputi, tahapan persiapan dan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid bisa dilihat dari 2 Aspek: 1) Ketika Pembelajaran Berlangsung, 2) Ketika Evaluasi Pembelajaran.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya Strategi Belajar Mengajar (SBM). Pustaka Setia, (1997)

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta (2006)

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. (2011)

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar. (2013)

Marzuki, Sun Choirol Ummah, Dasar-Dasar Ilmu Tajwid. Diva Press. ( 2020)

Mohtar, Imam. Hubungan Antara Kerja dan Pengalaman Kerja dengan Kinerja Guru Madrasah. Inspirasi Indonesia. (2019)

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Kencana. (2009)

NK, Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. (2012)

Nur, Muhammad. Prima Retno Wikandari, dan Bambang Sugiarto, Teori-Teori Pembelajaran Kognitif. University Press. (2004)

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Quantum Teaching. (2010)

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. (2010)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. (2000)

Satgasus, 3SCPD, Seri Pemandu Keterampilan Belajar. Tim Pengembang 3SCPD Proyek PGSM Depdikbud. (2002)

Sukmadinata, Nana Shaodih. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rosdakarya. (2015)

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. (2000)

Tesis Irwan IAIN Sumatera, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Mind Map Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Al-Qur’an di Kelas VII SMP Negeri 28 Medan, 2010.

Wahyudi, Moh. Ilmu Tajwid Plus. Halim Jaya. (2008)

Wahyudi, Moh.. Ilmu Tajwid Plus. Halim Jaya (2008)

Yamin, Martinis. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Referensi GP Press Group. (2013)