KONSEP PEMIKIRAN AMIRUL ULUM DALAM BUKUNYA KARTINI NYANTRI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Noor Halidah, Nurul Qomariyah

Abstract


ABSTRACT: This study proposes the concept of Amirul Ulum's thought in his book Kartini Nyantri and its relevance in Islamic Education. Seeing the fact that Kartini is a woman warrior and a fighter who demands justice so that women get a proper education like men. So that this research problem can be formulated as follows: How is the concept of Amirul Ulum's thought in his book "Kartini Nyantri", and how is the relevance of Amirul Ulum's concept of thought to Islamic religious education in his book "Kartini Nyantri". This type of research is a type of library research by examining the book "Kartini Nyantri" by Amirul Ulum which includes basic data, namely the book "Kartini Nyantri" by Amirul Ulum. While the subject of this research is the book "Kartini Nyantri" by Amirul Ulum which tells about how much R.A Kartini's contribution to education, especially women. The data collection technique that the author uses is a survey technique to the library, namely the author visits several libraries to look for books that have to do with the problems being studied. Based on the results of this study, it is known that the concept of Amirul Ulum's thought in Kartini Nyantri's book is the Concept of Women's Education, because education is the right of all citizens without discriminating against religion, descent, title/position, social status/position let alone gender. Character education is how education can help the formation of eastern character, and the most important thing is ideals. As for Islamic Boarding School Education for Women, how do we as Muslim women view religion as something that must be understood in depth. The relevance of the concept of Amirul Ulum's thought in his book Kartini Nyantri to Islamic education is the concept of women's education where Islam upholds the degree of women, Islam fights ignorance by ordering Muslims both men and women to study. The relevance of the concept of character education in Islamic education is that Islam teaches its people so that from the womb until the child is born, they are taught character education and noble character, and the relevance of the concept of Islamic boarding school education for women in Islamic education is that every Muslim or Muslim woman is required to study.KEYWORDS: Islamic Education, Kartini, Women. ABSTRAK: Penelitian ini mengemukakan tentang konsep pemikiran Amirul Ulum dalam bukunya Kartini Nyantri dan relevansinya dalam Pendidikan Islam.  Melihat kenyataan bahwa Kartini adalah pejuang perempuan dan pejuang yang menuntut keadilan agar para wanita mendapat pendidikan yang layak seperti kaum pria. Sehingga dapat dirumuskan masalah penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana Konsep Pemikiran Amirul Ulum dalam Bukunya ”Kartini Nyantri”, dan Bagaimana relevansi konsep pemikiran Amirul Ulum dengan Pendidikan Agama Islam dalam Bukunya ”Kartini Nyantri”. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan mengkaji buku ”Kartini Nyantri” karya Amirul Ulum yang meliputi data pokok yaitu buku ”Kartini Nyantri” karya Amirul Ulum. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah buku ”Kartini Nyantri” karya Amirul Ulum yang di mana di dalamnya menceritakan tentang betapa besarnya kontribusi R.A Kartini terhadap pendidikan khususnya perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik survey ke perpustakaan yaitu penulis mengunjungi beberapa perpustakaan untuk mencari buku-buku yang ada hubungannya dengan permasalahan yang di teliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa konsep pemikiran Amirul Ulum di dalam buku Kartini Nyantri adalah Konsep Pendidikan Perempuan, karena pendidikan itu ialah hak semua warga tanpa membeda-bedakan agama, keturunan, gelar/ jabatan, status/ kedudukan sosial apalagi jenis kelamin. Pendidikan Karakter adalah bagaimana pendidikan dapat membantu pembentukan watak ketimuran, dan yang paling utama adalah cita-cita. Adapun Pendidikan Pesantren untuk Perempuan bagaimana kita sebagai seorang muslimah memandang agama sebagai sesuatu yang harus dipahami secara mendalam. Adapun relevansi konsep pemikiran Amirul Ulum dalam bukunya Kartini Nyantri terhadap pendidikan Islam adalah konsep pendidikan perempuan dimana Islam menjunjung tinggi derajat wanita, Islam memerangi kebodohan dengan cara memerintahkan umat Islam baik laki-laki maupun perempuan untuk menuntut ilmu. Relevansi konsep pendidikan karakter dalam pendidikan Islam adalah Islam mengajarkan kepada umatnya agar sejak di dalam kandungan sampai lahir anak diajarkan pendidikan berkarakter dan akhlak mulia, dan Relevansi konsep pendidikan pesantren untuk perempuan dalam pendidikan Islam adalah setiap muslim ataupun muslimah diwajibkan untuk menuntut ilmu.KATA KUNCI: Kartini, Pendidikan Islam, Perempuan.  

References


Ahmadi , Abu , Ilmu Pendidikan, Jakarta: Renika Cipta, 1991.

Al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Arivia, Gadis , Feminisme Sebuah Kata Hati, Jakarta: Kompas, 2006.

As-Sya’rawi, Syaikh Mutawalli, FIKIH PEREMPUAN (MUSLIMAH), Jakarta, Penerbit AMZAH, 2005.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik,Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Majid, Abdul, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010, h. 49.

Muri’ah, Siti, Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir, Semarang: RaSAIL Media Group, 2011.

Muslikhati, Siti, Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam Timbangan Islam, Jakarta: Gema Insani, 2004

Purwati, Eni & Hanun Asrohah, Bias Gender Dalam Pendidikan Islam,Surabaya: Alpha, 2005.

Rosyadi, Imron, R.A. KARTINI Biografi Singkat 1879-1904,Yogyakarta: Garas i, 2012.

Said Ramadan al-Buthi, Muhammad, PEREMPUAN DALAM PANDANGAN HUKUM BARAT DAN ISLAM, Jakarta: Suluh Press, 1997.

Soeroto, Siti Soemandari, Kartini Sebuah Biografi, Jakarta: PT Gunung Agung, 1984.

Suryani Arfah, Ummu Syafa, Menjadi Wanita Shalihah, Jakarta: Eska Media, 2010

Sutrisno, Sulastrin, EMANSIPASI Surat-surat kepada Bangsanya 1899-1904, diterjemahkan oleh Sulastrin Sutrisno dengan judul EMANSIPASI Surat-surat kepada Bangsanya 1899-1904 ,Yogyakarta: Jalasutra, 2014.

Tim Penulis Rumah Kitab, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Jakarta: Renebook, 2014, h. 11.

Umar, Nasaruddin, Argumen Kesetaraan Jender Prespektif Al Qur’an, Jakarta: Paramadina, 1999.




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v5i2.185

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                         


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International