PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI SMP NEGERI 1 HANAU PEMBUANG HULU

Nur Azmi Aulia, Saifuddin Saifuddin

Abstract


ABSTRACT: This study discusses "the application of strengthening character education (PPK) and counseling guidance in shaping the personality of students who have good morals at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu". is to find out the application of strengthening character education (ppk) and counseling guidance in shaping the personality of students who have good morals at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu and what factors influence it. The subjects in this study were three people, namely two from Islamic Religious Education teachers and one from BK (counseling guidance) teachers, while the object in this study was the Application of Strengthening Character Education and Counseling Guidance in shaping the personality of students with good morals at SMP NEGERI 1 HANAU Upstream Disposal and the factors that influence it. In extracting data, the researcher used interview, observation and documentation techniques. Data management techniques are carried out by data collection, editing, data classification and data interpretation. Furthermore, it was analyzed by qualitative descriptive analysis and concluded inductively. Based on the results of the study, it is known that the implementation of Character Education (PPK) and Counseling Guidance in shaping the personality of students who have good morals at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu has been well implemented side by side. The factors that influence schools are school factors: based on teacher experience, infrastructure factors, student factors, as for environmental factors: human resources (human resources), social media, culture (culture), parenting patterns, relationships.KEYWORDS: Akhlakuriamah, Counseling Services, Strengthening Character Education.ABSTRAK: Penelitian ini membahas tentang “penerapan penguatan pendidikan karakter (PPK) dan bimbingan konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu”. adalah untuk mengetahui Penerapan Penguatan Pendidikan karakter (ppk) dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu  serta apa saja faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini ada tiga orang yaitu dua dari guru Pendidikan Agama Islam dan satu orang dari guru BK (bimbingan konseling), sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu serta faktor yang mempengaruhinya. Dalam penggalian data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan koleksi data, editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Penerapan Pendidikan Karakter (PPK) dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu dalam pelaksanaannya sudah baik secara berdampingan. Adapun faktor yang mempengaruhi disekolah adalah faktor sekolah : berdasarkan pengalaman guru, faktor sarana prasarana, faktor siswa, adapun faktor lingkungan : SDM ( sumber daya manusia ), media sosial, budaya (culture), pola asuh orang tua, pergaulan. KATA KUNCI: Akhlakuriamah, Layanan Konseling, Penguatan Pendidikan Karekter.

References


Adani anggitha rozinah,”pendidikan milenial perspektif “QS. AL-Ahzab ayat 21(tafsir al-misbah)”,kompasiana.com,jakarta pusat,8 juli 2020,diakses pada tanggal 14 oktober 2020.

Agus Zaenul Fitri,”Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Di Sekolah”,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Al Hakim, Suparman dkk,Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia,Malang: Madani 2016

Arif Armai, Pengantar Ilmu kjiu Pendidikan Islam,Jakarta :Ciputat Press, 2002

Depag RI.,Al-Qur’an dan Terjemah,Bandung: Diponegoro, 2012.

Departemen agama RI,Al – Qur’an dan terjemahnya.

Dirjen PAUD- Dasmen/direktur pendidikan dasar,pendidikan menengah kemendikbud,”kegiatan antisipasi kekerasan peserta didik jenjang SMP angkatan III” (virtual ),jakarta, 15 september 2020

Herabudin, Pengantar Sosiologi,Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Ilyas Yunahar,Kuliah Akhlaq,Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Dan Pengamalan Islam/LPPI,2004.

Maksudin, “Pendidikan Karakter Non Akademik”, ibid,2011

Mansur,Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam,Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2009.

Masnur muslich, pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multimensional.jakarta, 2012.

S.Margono,Metodologi Penelitian Pendidikan,Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Yunahar Ilyas,Kuliah Akhlaq,Yogyakarta: LPPI, 2009.

Zubaedi,”Desain Pendidikan Karakter”,Jakarta: Kencana, 2012.




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v5i2.187

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                         


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International