PENGEMBANGAN MANUSIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adams, K. A. & Lawrence, E. K. Research Methods, Statistics, and Applications Second Edition. California: SAGE, 2019.
Afandi, M. & Badarudin. Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: ALfabeta, 2011.
Andarini, H. D. et al. Designing the interactive multimedia learning for elementary students grade 1 st–3 rd: A case of plants (Natural Science subject). In 2016 4th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT) (pp. 1-5). IEEE.
Barron, A. B. et al. "Embracing multiple definitions of learning", Trends in neurosciences, Vol. 38 No. 7 (2015).
Brown, H. D. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education, Inc, 2000.
Cahyadi, A. Pengembangan Media & Sumber Belajar (Teori dan Prosedur). Serang: Laksita Indonesia, 2019.
Eliyanto & Wibowo, U. B. "Pengaruh jenjang pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sma muhammadiyah di kabupaten kebumen", Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 1 No. 1 (2013).
Eryanto, H. & Swaramarinda, D. R. “Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta", Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), Vol. 1 No. 1 (2013).
Gazali, M. “Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa", Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, Vol. 6 No. 1 (2013).
Hadikusumo, K. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang PRESS, 2000.
Haromaini, A. “Manusia Makhluk Pembelajar (Studi Tafsir Tarbawi)”, Islamika: Jurnal Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya, Vol. 12 No. 1 (Januari 2018).
Jailani, M. S. “Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10 No. 2 (2016).
Jatirahayu, W. "Guru berkualitas kunci mutu pendidikan", Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, No. 2 (November 2013).
Jawawi, A. “Implikasi Salat Bagi Manusia Sebagai Makhluk Pembelajar”, el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2 (2018).
Mukhtar & Iskandar. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Musfiqon. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya, 2012.
Papalia, dkk. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Prastowo, A. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group, 2018.
Rahmadi, I. F. “Mengembangkan Pusat Sumber Belajar di Perguruan Tinggi Berdasarkan Masalah Dan Kebutuhan Terbaru”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 31 No. 2 (Oktober 2017).
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Sari, M. & Asmendri, "Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA", Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, Vol. 6 No. 1 (2020).
Setiawati, S. M. “Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?”, HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 35 No. 1 (2018).
Sitepu. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Supriadi. “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran”, Lantanida Journal, Vol. 3 No. 2 (2015).
Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, A. M. Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.
DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v5i1.199
Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:
Published by STAI AL FALAH BANJARBARU
Designed by Yoni AF
Contact us:
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International