PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Tinjauan Historis, Sosiologis, Politis, Ekonomi dan Manajemen Negara)
Abstract
Keywords: Curriculum, Job Vacancy, Social Needs.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Muzaiyyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Asfiati. Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya” Jurnal Ilmiah Islam Futura Vo. XI, no. 1, 2011.
Crow and Crow. Pengantar Ilmu Pendidikan, terjm. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1990.
Didiyanto. “Paradigma Pengembangan Kurikulum PAI di Lembaga Pendidikan” Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia Vol. 1, no. 2, 2017.
Hamalik,Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Hasan, Moch. Sya’roni. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu di Sekolah”, Al-Ibrah Vol. 2, no. 1, 2017.
Hasbullah. Otonomi Pendidikan, Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Russ Media, 2007.
Irsad, Muhammad. “PengembanganKurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah”, Jurnal Iqra Vol. 2, no. 1, 2016.
Kaimuddin. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi”. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8, no. 1, 2015.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Machali, Imam. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1111, no. 1, 2014.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Maunah, Binti. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Miel, Alie. Changing The Curriculum a school Process. New York: D Appleton Century Company, 1946.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo, 2004.
Munawwir, A. Warson. KamusAl-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, cet. 1. Surabaya: Pustaka Progresif, 1984.
Musawir. Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Rabbani Kecamatan Tanete Tiattang Kabupaten Bone. Tesis tidak diterbitkan, UIN Alauddin Makassar, 2017.
Nata, Abudin. Ilmu Pendidikan Islam, cet. III. Jakarta: Kencana, 2016.
Nugraha, Muhammad Tisna.”Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. at-Turats Vol. 10, no. 1, 2016.
Romine St. Building The High School Curriculum. New York: The Ronald Press Company, 1954.
Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Depok: Kencana, 2017.
S. Nasution. Pengembangan Kurikulum, cet. Ke-4. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1991.
Sabda, Syaifuddin. Pengembangan Kurikulum Tinjauan Teoritis. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.
Salamah. Pengembangan Model Kurikulum Holistik Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.
Salim, Peter dan Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press, 1991.
Saylor, and Alexander. Curriculum Planing for Better Teaching and Learning. New York: Holt:Rinchat, 1960.
Syaibani, Omar Muhammad al-Toumy. Filsafat Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya, 2008.
DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v1i2.40
Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:
Published by STAI AL FALAH BANJARBARU
Designed by Yoni AF
Contact us:
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International