FILOSOFI, IDEOLOGI DAN PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM INTER, MULTI DAN TRANSDISIPLINER
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Attas, al Naquib Syed Muhammad, Konsep Pendidikan Dalam Islam, terj. Haidar Bagir, Bandung: Mizan, 1984
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru,
Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Freire, Paulo, Politik Pendidikan Kebudayaan Ekuasaan Dan Pembebasan,Ter.
Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007
Hadi, Hardono, Epistemologi Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta : Kanisus, 1994 Suhartono, Suparlan, Filsafat,
Jogyakarta: Arruz Media, 2007 Kattsoff O, Louis, Pengantar Filsafat, Terj. Soejono Soemargono, Yogyakarta:Tiara Wacana, 1992
Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: al Ma‟arif, 1980
Abdullah, M. Amin. “Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19.” MAARIF 15, no. 1 (10 Juni 2020): 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75.
———. Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin: Metode Studi Agama & Studi Islam di Era Kontemporer. Yogyakarta: IB Pustaka, 2020.
Anshori, Ari. Paradigma Keilmuan Perguruan Tinggi Islam; Membaca Integrasi Keilmuan atas UIN Jakarta, UIN
Yogyakarta, dan UIN Malang. Jakarta: Al-Wasat, 2018.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan
Milenium III. Jakarta: Prenada Media, 2012.
———. “Reintegrasi Ilmu-ilmu dalam Islam.” Dalam Strategi Pendidikan; Upaya Memahami Wahyu dan Akal,
disunting oleh Nanat Fatah Natsir dan Hendriyanto Attan, 1–12. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Drake, Susan M. Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar: Seri Standar Kurikulum Inti.
Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Indeks, 2013.
Drake, Susan M., dan Rebecca Crawford Burns. Meeting Standards Through Integrated Curriculum. Alexandria, VA:
Association for Supervision and Curriculum Development, 2004.
Drake, Susan M., dan Joanne L. Reid. “21st Century Competencies in Light of the History of Integrated Curriculum.”
Frontiers in Education 5 (14 Juli 2020): 1–10. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00122.
Fitri, Agus Zaenul. Integrasi Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Tulungagung: IAIN
Tulungagung Press, 2020.
Fitri, Agus Zaenul, Muntahibun Nafis, dan Luluk Indarti. “Multidisciplinary, Interdisciplinary, and Transdisciplinary
(MIT) Learning Approach and Strategy Based on Indonesian National Qualification Framework (KKNI)
Curriculum.” Ulumuna 24, no. 1 (6 Juli 2020): 183–204. https://doi.org/10.20414/ujis.v24i1.375.
“IB Pustaka – Litera Cahaya Bangsa,” 2020. https://ibpustaka.id/.
Kartanegara, Mulyadhi. Integrasi Ilmu. Bandung: Mizan Pustaka, 2005.
Khozin. Pengembangan Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Konstruksi
Kerangka Filosofis dan Langkah-langkahnya. Jakarta: Kencana, 2016.
Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
Maftukhin. Islam dan Dialektika Sosial. Disunting oleh Ngainun Naim. Yogyakarta: Lentera Kreasindo, 2014.
Mawardi, Imam. “Pendidikan Islam Transdisipliner Dan Sumber Daya Manusia Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam
, no. 2 (2013): 253–68. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.547.
Miftahuddin. Model-Model Integrasi Ilmu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Multi Situs Pada UIN Jakarta,
UIN Yogyakarta, Dan UIN Malang).
Salatiga: IAIN Salatiga, 2018. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/8111/.
Penyusun, Tim. Pedoman Implementasi Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Jakarta:
Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, 2019.
Qomar, Mujamil. “Filsafat Pendidikan Islam Multidisipliner.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PRODI PAI UMP, 2019, 1–14.
———. Pendidikan Islam Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner. Malang: Madani Media, 2020.
Wirman, Eka Putra. Paradigma dan Gerakan Keilmuan Universitas Islam Negeri. Jakarta: Prenada Media, 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.