HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN ESQ SISWA SMP MUHAMMADIYAH PAGATAN TANAH BUMBU

Siti Rahmawati, Siti Rokayah

Abstract

Abstract This study discusses the relationship between PAI learning and the ESQ intelligence of Pagatan Muhammadiyah Middle School students. The formulation of the problem in this study is how high is the learning of PAI students at SMP Muhammadiyah Pagatan, how high is the ESQ intelligence of students at SMP Muhammadiyah Pagatan, is there a significant relationship between learning PAI and the ESQ intelligence of SMP Muhammadiyah Pagatan students. The subjects in this study were all 49 students of SMP Muhammadiyah Pagatan. This type of research is correlation research, which explains whether there is a relationship between variable X as the independent or free variable (Islamic religious education learning) and variable Y as the dependent dependent variable (ESQ intelligence). Based on the results of the study it can be seen that 24% of students are classified as high in PAI learning, 64% are moderate and 12% are low. Thus, the majority (64%) of SMP Muhammadiyah Pagatan students are classified as moderate in PAI learning while for ESQ intelligence it can be seen that 27% of students have high ESQ intelligence, 61% of students have moderate ESQ intelligence and 12% of students have ESQ intelligence The low one. thus it can be concluded that the majority (61%) of the ESQ intelligence of SMP Muhammadiyah Pagatan students. Based on the results of the calculation of the product moment correlation above, it can be seen that the significance value is 0.000, which means that the value is smaller than the probability value of 0.05 (0.000 <0.05), so the X and Y variables are interpreted as being included in the medium/sufficient category. After obtaining a correlation value of 0.524 then the value is consulted with the value of r table with the formula degree of freedom (df) = n-2. Generally, the ideal significance level is 5%, so the results are as follows: Number of samples: n = 49, Degrees of freedom: df = n-2 = 49 – 2 = 47, r count = 0.524, r table = 0.281. Because r count > r table, it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, which means that there is a relationship between PAI learning and the ESQ intelligence of SMP Muhammadiyah Pagatan students. Keywords: ESQ Intelligence, Learning, Relationships.  Abstrak Penelitian ini membahas tentang Hubungan Antara Pembelajaran PAI dengan Kecerdasan ESQ Siswa SMP Muhammadiyah Pagatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi pembelajaran PAI siswa di SMP Muhammadiyah Pagatan, Seberapa tinggi kecerdasan ESQ siswa di SMP Muhammadiyah Pagatan, Apakah ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran PAI dengan kecerdasan ESQ siswa SMP Muhammadiyah Pagatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah Pagatan jumlah 49 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, yaitu menjelaskan tentang ada tidaknya hubungan antara variabel X sebagai variabel independent atau bebas (pembelajaran pendidikan agama Islam) dengan variabel Y sebagai variabel dependent terikat (kecerdasan ESQ). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebesar 24% siswa tergolong tinggi dalam Pembelajaran PAI, 64% sedang dan 12% rendah. Dengan demikian, sebagian besar (64%) siswa SMP Muhammadiyah Pagatan tergolong sedang dalam pembelajaran PAI sedangakn untuk kecerdasan ESQ dapat diketahui bahwa sebesar 27% siswa memiliki kecerdasan ESQ yang tinggi, 61% siswa memiliki kecerdasan ESQ yang sedang dan 12% siswa memiliki kecerdasan ESQ yang rendah. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar (61%) kecerdasan ESQ siswa SMP Muhammadiyah Pagatan. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diatas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0.000 < 0.05), maka antara variabel X dan Variabel Y dinyatakan diinterprestasikan termasuk dalam kategori sedang/cukup. Setelah mendapatkan nilai korelasi sebesar 0,524 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai r table dengan rumus degree of freedom (df) = n-2. Umumnya yang digunakan taraf signifikansi ideal adalah 5%, maka hasilnya adalah sebagai berikut:Jumlah sampel : n = 49, Derajat bebas : df = n-2 = 49 – 2= 47, r hitung = 0,524, r tabel = 0,281. Karena r hitung > r table, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis alternative(Ha) diterima, yang artinya terdapat hubungan antara pembelajaran PAI dengan kecerdasan ESQ siswa SMP Muhammadiyah pagatan. Kata Kunci: Hubungan, Kecerdasan ESQ, Pembelajaran. 

References

Agustian, Ary Ginanjar, “Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ, Jakarta:Arga, 2005.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2006.

Asmani, Jamal Ma’mur, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan, Jogjakarta, Diva Press, 2011.

Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya:2005

Saebani, Beni Ahmad, Metode Penelitian, Bandung: CV Pustaka Setia, 2008.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung, CV, Alfabet, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.