ASPEK SOSIAL PENDIDIKAN DALAM KEARIFAN LOKAL BUDAYA KAYUH BAIMBAI DI KALIMANTAN SELATAN

Surawardi Surawardi, Fatimah Zuhriah

Abstract

AbstractThis research is motivated by the individual character which is increasingly eroded from the value of cooperation and mutual help, especially in the Banjar community, so that it will make these individuals further away from the meaning of local wisdom in the Baimbai paddle culture. Therefore, this research was conducted with the aim of providing an understanding of the importance of the meaning of the local wisdom of the Banjar culture based on QS. Al-Maidah verse 2. This research is library research, where the sources are obtained from various literary sources, both books and journals. The results of the study show that the local wisdom values of Banjar culture contain four dimensions of social aspects namely, (1) social instilled by education; (2) social influence on education; (3) social has a role in education; and (4) social influence in the education system. In addition to these four social aspects, the local wisdom values of the Baimbai culture are also in harmony with the contents of QS. Al-Maidah verse 2, in which verse Allah always commands to always help in good and avoid evil.Keyword: Dimensions of Social Aspects, Kayuh Baimbai, Local Wisdom. AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter individu yang semakin hari semakin terkikis dari nilai kerjasama dan tolong menolong, khususnya dalam masyarakat Banjar, sehingga akan menjadikan individu tersebut semakin jauh dari makna kearifan lokal dalam budaya kayuh baimbai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya makna dari kearifan lokal budaya Banjar dengan berdasarkan pada QS. Al-Maidah ayat 2. Penelitian ini adalah penelitian pustaka, yang mana sumbernya didapat dari berbagai sumber literatur baik itu buku maupun jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai kearifan lokal budaya Banjar mengandung empat dimensi aspek sosial yaitu, (1) sosial ditanamkan oleh Pendidikan; (2) sosial mempengaruhi Pendidikan; (3) sosial memiliki peranan dalam Pendidikan; dan (4) sosial memiliki pengaruh dalam sistem Pendidikan. Di samping keempat aspek sosial itu, nilai kearifan lokal budaya kayuh baimbai juga selaras dengan kandungan QS. Al-Maidah ayat 2, yang mana pada ayat tersebut Allah senantiasa memerintahkan untuk selalu tolong menolong dalam kebaikan dan menghindari kemungkaran.Kata Kunci: Dimensi Aspek Sosial, Kayuh Baimbai, Kearifan Lokal.

References

Aslan. 2017. Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Pantang Larang Suku Melayu Sambas. Jurnal Ilmu Ushuluddin. 16 (1): 11-20.

Bintari, Pramudyasai Nur dan Cecep Darmawan. 2016. Peran Pemuda sebagai Penerus Tradisi Sambatan dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 25 (1): 57-76.

Hasani, Noor Latifah, dkk., 2019. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Kayuh Baimbay melalui Modul Fisika Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 3 (2): 65-76.

Khafidah, Wahyu dan Maryani. 2020. Aspek Sosial dalam Pendidikan. Jurnal Serambi Tarbawi. 8 (1): 67-86.

Listia, Wan Nova. 2015. Anak sebagai Makhluk Sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. 1 (1): 14-23.

Muntholib, Abdul. 2016. Menilik Aspek-aspek Sosial dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Tarbawiyah. 13 (2): 271-292.

Octavia, Lanny, dkk., Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren, Jakarta: Rumah Kitab, 2014.

Puspitasari, Maya. 2022. Kerjasama dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 2. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran. 2 (3): 209-221.

Rohliyani, Erni, dkk.. 2019. Nilai Karakter daalam Teks Lagu Banjar (The Character Value on The Text of The Banjarese Song). Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 9 (1): 71-79.

Wahyu. 2020. Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Banjar. Jurnal Cross Border. 3 (2): 226-240.

Zulkhairi. 2021. Kepemimpinan Pendidikan Kepada Sekolah dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Kependidikan. 12 (1): 129-140.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.