IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH KHUSUS KAK SETO KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asa, Ibnu Agam. (2019), Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9 (2): 245-258. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361
Abdillah, Nur Huda & Mursita, Rohmah Ageng. (2022). Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Sekolah Khusus Kak Seto. Tangerang Selatan: Sekolah Khusus Kak Seto
Badey, B Paul. (2008) Philosopy of Education: A conceptual Analysis, Journal of Qualitative Education. 4 (2): 161-166. Sumber: https://www.researchgate.net/publication/280626148
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Kemndikbud-Ristek No. 033/H/KR/2022 Perubahan atas Surat Keputusan 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud Ristek.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kemendikbudristek.
Budiono, Arifin Nur dan Hatip, Mochammad. (2023), Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1): 109-123. DOI: https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Beno, Jose dkk. (2022) Dampak Pandemic Covid-19 Pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia Ii Cabang Teluk Bayur). Jurnal Saintek Maritim, 22 (2). DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v22i2.314
Chomaidi dan Salamah. (2018) Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah, Jakarta: Grasindo.
Dewi, Luh Made Ayu Wulan & Astuti, Ni Putu Eni. (2022) Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan, Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2). E-ISSN: 2798-091X
Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, (2015) Paradigma Capaian Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbudristek.
Fauzy, Ahmad dkk, (2022) Metodologi Penelitian, Banyumas: Pena Persada
Ghony, & Almansur, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: ARRUZZ MEDIA.
Gloria, Ria Yulia. (2012). Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Membaca Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Biologi, Jurnal Scientiae Educatia, 1 (1): 1-17. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v1i1.502
Gloria, Ria Yulia & Sudarmin. (2018). Kontribusi asesmen formatif dalam tahapan understanding by design terhadap pemahaman mahasiswa calon guru biologi, Jurnal Bioedukatika, 6 (2): 67 – 73. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i2.9507
Hadi, Sumasno. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1): 74-79. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8721
Hermawan, Asep Herry., dkk. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD Tangerang Selatan. Banten.: Universitas Terbuka.
Hidayat, Rahmat & Abdillah. (2019) Ilmu Pendidikan: Konsep Teori, dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 1 (1): 27-33. DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Kasiyan. (2015). Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny. Imaji jurnal seni dan pendidikan seni. 13 (1). DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044
Kurniawan,Ade & Astuti, Andari Puji. (2017).Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia Sma Muhammadiyah 1 Semarang, Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang,7 Oktober 2017: 1-7. ISBN: 978-602061599-6-0
Mackellar, Joanne. (2013). Participant observation at events: theory, practice and potential. International Journal of Event and Festival Management, 4 (1): 56-65. ISSN: 1758-2954
Nilamsari, Natalia, Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif, Jurnal Wacana, 13 (2): 1-5. DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v13i2.143
Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Permendikbudristek No. 262 Tahun 2022. Perubahan atas Permendikbud No. 56 Tahun 2022
Pratiwi, Nuning Indah. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1 (2): 1-23. DOI: https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219
Prasanti Ditha. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6 (1): 13-21. DOI: https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Purnawanto, Ahmad Teguh. (2022), Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1): 75-94. E-ISSN: 2723-1879
Rahayu, Restu, dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak, Jurnal Basicedu, 6(4): 6313-6319. ISSN 2580-1147
Ruspa, Abd. Rahim, dkk. (2022), Bimbingan Teknis Pemahaman CP, Penyusunan TP/ATP, dan Modul Ajar di Sd Negeri 7 Ponjalae Palopo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2): 140-149. DOI: https://doi.org/10.30605/jpm.v2i2.78
Sagala, H, Syaiful. (2008). Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 5 (1).
Sa’adah,Muftahatus, dkk. (2022) Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1 (2): 54-64. DOI: https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.97
Safitri, Andriani, dkk. (2022), Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4): 7076-7086. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran, Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2): 79-88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardani. I. G. A. K., dkk. (2016). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Widiastuti. (2019). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus yang Mengalami Kecacatan Fisik, Jurnal Ilmu Sosial, 5(1): 46-54 P-ISSN: 2407-4551.
Zulaiha, Siti, dkk. (2022), Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2): 163-177. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974
Refbacks
- There are currently no refbacks.