MENINGKATKAN AKTIVITAS, KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MAKE A MATCH BERBASIS STEAM

Nisa Kamila, Muhsinnah Annisa

Abstract

Abstract The aim of this learning is to increase student activity, their concern for the environment and their learning outcomes. This research uses a classroom action research method carried out in two cycles. Each cycle consists of two meetings. Data collection in this research was carried out using test and non-test methods. The results of the research in cycle I teacher recapitulation were 83% (good), and in cycle 2 the teacher managed to achieve the highest score with a percentage of 94% (very good). Classical student activity in cycle 1 was 71% (active), and in cycle 2 it increased again to 92% (very active). The classical character of caring for the environment (affective) in cycle 1 got 71% (beginning to develop), and 93% (entrenched) in cycle 2. The percentage of students' classical psychomotives increased classically at each meeting. In cycle 1 it got 71% (good), and experienced an increase of 86% (very good) in cycle 2. Learning outcomes in cycle 1 got 64% (incomplete) classically, and in cycle 2 it increased to 93% (complete) . It can be concluded that students become more active when Problem Based Learning and STEAM-based Make A Match, care more about the environment, and improve their learning outcomes.  Keywords: Activities, Environmentally Caring Character, Learning Outcomes, Make a Match, Problem Based Learning, STEAM.  Abstrak Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, kepedulian mereka terhadap lingkungan dan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan nontes. Hasil penelitian pada rekapitulasi guru siklus I mendapatkan 83% (baik) , dan pada siklus 2 guru berhasil mencapai skor tertinggi dengan persentase 94% (sangat baik). Klasikal aktivitas siswa pada siklus 1 mendapatkan 71% (aktif), dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 92% (sangat aktif). Klasikal karakter peduli lingkungan (afektif) pada siklus 1 mendapatkan 71% (mulai berkembang), dan 93% (membudaya) pada siklus 2. Klasikal psikomotik siswa meningkat persentasenya secara klasikal pada setiap pertemuan. Pada siklus 1 mendapatkan 71% (baik), dan mengalami peningkatan 86% (sangat baik) pada siklus 2. Hasil belajar pada siklus 1 memperoleh 64% (tidak tuntas) secara klasikal, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 93% (tuntas). Dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi lebih aktif ketika Problem Based Learning dan Make A Match berbasis STEAM, lebih peduli terhadap lingkungan, dan meningkatkan hasil belajarnya.  Kata Kunci: Aktivitas, Karakter Peduli Lingkungan, Hasil Belajar, Make a Match, Problem Based Learning, STEAM.

References

Annisa, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Pgsd . Jurnal Lentera Sains (Lensa), Volume 6 Jilid II.

Annisa, M., Syihabuddin, Kosasih, A., & Shofina, N. (2022). Needs Analysis of Wasaka Character Assessment Instruments (Religious&Hard Work) in Learning in Elementary Schools. International Journal of Social Science And Human Research, Volume 05.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Diartian, I. W. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika . Jurnal Emasains.

Gita, Damara, S., Annisa, M., & Indra, W. N. (2018). Pengembangan Modul Ipa Materi Hubungan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. LENSA (Lentera Sains), Vol. 8 No. 1.

Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajarpendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi.

Ifa Roselina Zakiah, K. H. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. ABSIS (Mathematics Education Journal).

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Krisna., & dkk. (2019). Pembelajaran Stem pada Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mawaddah, R., Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2022). Kelayakan Lks Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Untukmeningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD/MI. Jurnal Cakrawala Pendas.

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul Jurnal Pendidikan.

Noorhapizah, Nur'alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Menemukan Informasi Penting dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (DIA), Think Pair Share (TPS) dan Scramble pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. In Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(2), p. 103.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematikterpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Prodi PGSD FIP UPTT.

Radiansyah, & Amalia, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Benda Tunggal Dan Campuran Menggunakan Kombinasi Model Pbl, Nht & Mm. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Saleh, M. (2022). Implemestasi Pendidikan Pendidikan Karakter di Sekolah Inklusi. Hikmah : Journal of Islamic Studies, 17(2), 101-108.

Saputri, Annisa, M., & Kusnandi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Menggunakan Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Pada Siswa Kelas Iii Sdn 015 Tarakan. Widyagogik, Vol. 6. No.1.

Sari, L., & Koto, I. (2023). Analisis Unsur STEAM dan Literasi Sains dalam Buku Tematik Siswa Kelas IV pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran IPA SD. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar.

Shofina, N., & Annisa, M. (2023). Kombinasi Problem Based Learningdan Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Volume 01 No 01 Halaman 63-73.

Suhaimi, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Basedlearning, Numbered Head Together Dan Course Reviewhoray Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. ABSIS (Mathematics Education Journal).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.