PERAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUMBER DAYA MANUSIA: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA

Muhammad Fikri, Lola Malihah

Abstract

Abstract One of the main objectives of national education is to increase piety to God Almighty. In order to achieve this goal, the role of religious education becomes very strategic. Schools as formal institutions that organize educational activities must have objectives that are in line with the goals of national education. This paper is a literature review that aims to analyze the role of religious education in the formation of human resource character. The data in this paper is in the form of secondary data obtained from literature data in the form of books, articles and previous research results that have been published in scientific journals. The findings in this paper are in the form of the role of schools as formal educational institutions that provide education, the role of teachers who teach religious education plays a role in shaping the character of students. Religious education teaches faith, obedience, and worship procedures, teaches moral formation and example that will become a habit. Discipline, mutual respect, respect and tolerance behavior are very important to be applied from early education. In order to become a habit that will always be applied by students wherever they will be. Of course, good habits are not only for now, but will continue to be carried out sustainably in the future. So that it will produce a quality next generation of the nation.  Keywords: Character Building, Human Resources, Religious Education. AbstrakSalah satu tujuan utama pendidikan nasional adalah meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut peran pendidikan agama menjadi sangat strategis. Sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan harus memiliki tujuan yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional tersebut. Tulisan ini merupakan sebuah tinjauan pustaka yang bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan agama dalam pembentukan karakter sumber daya manusia. Data dalam tulisan ini berupa data sekunder yang diperoleh dari data kepustakaan berupa buku, artikel dan hasil penelitian terdahulu yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. Temuan dalam tulisan ini berupa peran sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan, peran guru yang mengajarkan pendidikan agama sangat berperan dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan keagamaan mengajarkan keimanan, ketaatan, beserta tata cara ibadahnya, mengajarkan pembinaan akhlak dan keteladanan yang akan menjadi sebuah kebiasaan. Perilaku disiplin, saling menghargai, menghormati dan perilaku toleransi sangat penting untuk diterapkan sejak pendidikan dini. Agar menjadi sebuah kebiasaan yang akan selalu diterapkan peserta didik dimana pun nanti berada. Tentunya kebiasaan baik itu bukan hanya untuk saat ini saja, tetapi akan terus dilakukan secara berkelanjutan di masa depan. Sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.  Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama, Sumber Daya Manusia. 

References

Aisyah, M Ali, Pendidikan Karakter (Jakarta: Kencana, 2018).

Aisyah, Siti, and Al Et, “Adaptasi Dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar.,” Jurnal Educatio, 9.1 (2023), 380–92.

Bahriah, Bahriah, Lola Malihah, and Nur Habibah, “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan BMT Khairul Amin Martapura,” PERFORMANCE : Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Universitas Wiraraja, 13.1 (2022), 7–19.

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan persandian, “Pendidikan Karakter Kunci Penting Bangun SDM Berkualitas” (Tarakan: Pemprov Kaltara, 2022)

Ernawati, Ernawati, and Muhammad Thoriq Al-Ziyad Hasan, “Implementasi PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Society,” Borneo Journalof Islamic Education, 3.1 (2023), 31–41.

Fasya, Ahmad Zaki, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MI Unwanul Khairiyah Depok” (Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022)

Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia (Bandung: Bumi Aksara, 2017).

Herwina, Wiwin, “Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berferensiasi,” Perspektif Ilmu Pendidikan, 35.2 (2021).

Hidayati, Nurul, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus Di SMP Islam Ma’arif 02 Malang)” (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012).

Kamal, Syamsir, “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mateatika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri Barabai,” JULAK : Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan, 1.1 (2021).

Khairunnisa, Khairunnisa, “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Depok Tahun Ajaran 2019-2020)” (Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2020).

Kurniawati, Riska, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Peserta Didik Di SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung” (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019).

Kusuma, Tio, and Aldiah Rosa Hayuningtiyas Putri, “Peran Pendidikan Dalam Membentuk Sumber Daya Manusia Yang Berkompeten Untuk Membangun Negara,” in Seminar Nasional Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjamin Mutu (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2020).

Mahardani, Ahamd Subhan, and Muhammad Ridwan Basalamah, “Membangun Sumber Daya Manusia Berkarakter Melalui Metode Pendidikan Karakter,” JU-KE, 2.1 (2018), 106–16.

Malihah, Lola, and Sarmila Normala, “Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Digital,” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17.1 (2024), 505–12

Marzuki, Marzuki, Pendidikan Karakter Islam (Jakarta: AMZAH, 2017).

Masruri, Alvin, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tumpang Kabupaten Malang” (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019).

Mufidah, Asrorul, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMK Muhammadiyah 2 Malang” (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012).

Nabila, Haifa, “Peran Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di SMP Darul Ma’arif” (Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, 2018).

Nuwairah, Khaleyda Mariza, “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah 2013-2023 (Studi Di Madrasah Tsanawiyah),” Al Falah : Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 23.2 (2023), 149–61.

Pasulle, Sonne, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Palopo” (Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2018).

Puspitasari, Novi, Linda Relistian, and Reonaldi Yusuf, “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik,” Atta’dib : Jurnal Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 3.1 (2022), 57–68.

Rabiaty, Rahmi, and Muhammad Maulidi Rahman, “Pola Pengasuhan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Desa Jumba Amuntai Hulu Sungai Utara,” Al Falah : Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 23.2 (2023), 97–120.

Rosidi, Ibnu, “Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta,” TA"LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1.1 (2018), 106–20.

Simanjuntak, Harlen, “Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter” (Universitas HKBP Nommensen Medan, 2020).

Subekti, Isnaeni, Arbangatun Fitriana, Chuswatun Chasanah, Jana Rsikiana, and Suhartono Suhartono, “Peran Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan SDM Berkualitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean,” in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2013).

Subrantas, Subrantas, “Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Anak Serta Implementasinya Dalam Pendidikan Islam (Telahaan Buku Mendidik Karakter Dengan Karakter Karya Ida S Widayanti)” (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015).

Suwartini, Sri, “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan,” Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 4.1 (2017), 220–34.

Suyadi, Suyadi, Manajemen PAUD (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).

Taufik, A, “Agama Dalam Kehidupan Individu,” Edification : Jurnal Pendidkan Agama Islam, 1.1 (2019), 57–67.

———, “Analisis Karakter Peserta Didik,” El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 16.1 (2019), 1–13.

Taufik, A, and Budiyono, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dengan Model Probing Prompting Di SMP Mangunharjo Tugumulyo Musi Rawas,” Urwatul Wustho : Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1.1 (2022), 1–13.

Taufik, A, and Novitasari Novitasari, “Penanaman Perilaku Sosial Dari Lingkungan Sekolah SDN Giriyoso Kabupaten Musi Rawas,” TAUJIH : Jurnal Pendidikan Islam, 14.2 (2021), 1–15.

Warsiana, Ika, “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Berkarakter Melalui Kegiatan Kesiswaan Di SMA Negeri 1 Paiton,” MAP : Jurnal Manajemen Dan Adiminstrasi Publik, 5.4 (2022).

Yandri, Yandri., Pendidikan Karakter : Peran Dalam Menciptakan Peserta Didik Yang Berkualitas (Jakarta, 2022)

Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, Dan Implementasi (Jakarta: Kencana, 2014).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.