PENDIDIKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA KEGIATAN HARI BESAR ISLAM DI DESA MANARAP TENGAH HANDIL BAHALANG KECAMATAN KERTAK HANYAR

Surawardi Surawardi, Nabila Pradina

Abstract

AbstractIslamic holiday activities carried out by some people, especially in Manarap Tengah Handil Bahalang Village, Kertak Hanyar District, Banjar Regency, South Kalimantan Province, are very interesting to study considering the conditions with religious values, this is of course beneficial for religious and social life as well as having a good relationship. charity. The values of commemorating religious holidays in the community in the village of Manarap Tengah Handil Bahalang include the following values, namely the value of faith, the value of worship and the value of morals/mu'amalah. Therefore, it is very important to inculcate religious values, especially through religious activities such as Islamic holidays in order to build a nation that is peaceful and harmonious and prosperous in accordance with religious teachings. Islamic holidays that are held in the village of Manarap Tengah Handil Bahalang are Islamic New Year or 01 Muharram, Ashura Day 10 Muharram, Maulid Nabi, Isra Mi'raj, Nuzulul Qur'an or the night of 17 Ramadan, Eid Al-Fitr and Eid Al-Adha.The supporting and inhibiting factors for the education of religious values in the activities of Islamic holidays in the Middle Manarap Village, Handil Bahalang. First, the supporting factors include: the interest and participation of the community in participating in the implementation of Islamic holidays. Second, the inhibiting factor is the heterogeneous environment of the surrounding community where there are still pro and con attitudes about the commemoration of the Islamic holiday. On the basis of these findings, it is necessary to have an attitude of empathy and sympathy for all people in maintaining the tradition of commemorating Islamic holidays, because it contains many educational values of religious values and social values / muamalah which are very useful in boosting the economic movement of Muslims and the people. Keywords: Education, Muamalah, Religious, Social, Values. Abstrak Kegiatan hari besar Islam yang dilakukan oleh sebagian masyarakat, khususnya di Desa Manarap Tengan Handil Bahalang Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Propinsi Kalimanatan Selatan, sangat menarik untuk diteliti mengingat syarat dengan nilai nilai keagamaan,hal ini tentu saja bermanfaat bagi kehidupan beragama dan bermasyarakat serta bermu’amalah. Adapun nilai-nilai peringatan hari besar keagamaan  pada masyarakat yang terdapat di  Desa Manarap Tengah Handil Bahalang mencakup nilai nilai sebagai berikut yakni nilai  akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak/mu’amalah. Maka dari itu penting sekali adanya penanaman nilai keagamaan khususnya melalui kegiatan keagamaan seperti hari besar Islam dalam rangka membangun bangsa yang damai dan harmonis serta berkemakmuran sesuai dengan ajaran agama. Kegiatan hari besar Islam yang dilaksanakan di Desa Manarap Tengah Handil bahalang adalah tahun baru Islam atau 01 muharram, hari asyura 10 muharram, maulid Nabi, isra mi’raj, nuzulul quran atau malam 17 ramadhan, hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Adapun faktor pendukung dan penghambat pendidikan nilai-nilai keberagamaan pada kegiatan hari besar Islam di Desa Manarap Tengah Handil Bahalang. Pertama faktor pendukung diantaranya: adanya minat dan partisipasi masyarakat  dalam mengikuti pelaksanaan hari besar Islam. Kedua, faktor penghambatnya yaitu lingkungan dari masyarakat sekitar yang heterogen yang masih terdapat adanya sikap pro dan kontr akan adanya peringatan hari hari besar Islam tersebut. Atas dasar temuan inilah diperlukan adanya   sikap empati dan simpati bagi segenap masyarakat dalam  mempertahankan  tradisi peringatan hari hari besar Islam, karena di dalamnya banyak mengandung pendidikan nilai nilai  keberagamaan dan nilai sosial/muamalah  yang sangat bermanfaat dalam mendongkrak pergerakan ekonomi umat Islam dan kerakyatan . Kata Kunci:  Keberagamaan, Muamalah, Nilai-Nilai, Pendidikan, Sosial. 

References

Abdullah, Taufik, Ensiklopedi Dunia Islam Jilid 3, Jakarta : PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.

Ali, Muhammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006.

Ali, Mohammad & Mohammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2010.

Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006.

An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, tth.

Anshari, Endang Saifuddin, Ilmu, Filsafat, dan Agama, Surabaya : Bina Ilmu, tth.

Arifin, M., Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah, Jakarta : Bulan Bintang, tth.

, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara, tth.

Buseri, Kamrani, Antologi Pendidikan Islam dan Dakwah (Pemikiran Teoritis Praktis Kontemporer), Yogyakarta : UII Press, 2003.

Chatib, Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Belajar, tth.

Daradjat, Zakiyah, Dasar-dasar Agama Islam, Jakarta : Bulan Bintang, tth.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah Mushaf Fatimah, Jakarta : Pustaka Alfatih, 2002.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2009.

Djamarah, Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Elmubarok, Zaki, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fathurrahman M., Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,

Yogyakarta : Kalimedia, 2015.

Gea, Antonius Atosohi, dkk., Character Building III: Relasi dengan Tuhan, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2004.

Hamid, Syamsul Rijal, Buku Pintar Agama Islam, Bogor : Cahaya Salam, 2011.

Hafid, dkk., Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2013.

Ismail, Faisal, Paradigma Kebudayaan Islam : Studi Krisis dan Refleksi Historis, Yogyakarta : Titian Ilahi Press, tth.

Kahmad, Dadang, Sosiologi Agama, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002.

KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru, Jakarta: PT Media Pustaka Phoenix, 2010.

Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Al- Ma’arif, tth.

, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Al-Ma’arif, tth.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah, 2015

Muhaimin & Abdul Mudjib, Pemikiran Pendidikan Islam : Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung : Triganda Karya, tth.

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung : Penerbit Alfabeta, 2004.

Nasirudin, Pendidikan Tasawuf, Semarang : Rasail Media Group, 2009.

Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, tth.

Naswila, Rizka, Manajemen Pelaksanaan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) di Masjid Darul Mu’minin Parung Bingung Depok, Jakarta : Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, 2014.

Nurhayati, Indah, Kerukunan antar Umat Beragama (Studi Kasus tentang Perayaan Hari Besar Umat Beragama Islam dan Agama Kong Hu Cu di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang), Semarang , IAIN Semarang, 2011.

Poerwadarminta, WJS., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

tth.

Prasetya, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia, tth.

Priyanto, Muhammad Agung, Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan pada Jamaah di Masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto, IAIN Purwokerto, 2018.

Tatang, Ilmu Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2012.

Rony, Aswil dkk, Alat Ibadah Muslim Koleksi Museum Adhityawarman, Padang: Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat, tth

Roqib, M., Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat, Yogyakarta : PT Pelangi Aksara, 2009.

Saifuddin, Endang, Agama dan Kebudayaan, Surabaya: Bina Ilmu, tth

Setiawan, Angga Feri, Pendidikan Nilai Religius Oleh Posdaya Berbasis Masjid di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Purbalingga, Purwokerto : IAIN Purwokerto, 2015.

Sholikhin, M., Di Balik 7 Hari Besar Islam, Yogyakarta : Garudhawaca Digital Book and PoD, 2012.

Slamet, Y., Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi, Surakarta: Sebelas University Press,tth

Sulistiyani, Irma, Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa di SMP PGRI 1 Sempor Kebumen, Purwokerto : Skripsi IAIN Purwokerto, 2017.

Zakiyah, Qiqi Yuliati & A. Rusdiana, Pendidikan Nilai, Bandung : Pustaka Setia, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.