KESENIAN HADRAH: MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERA BANJARBARU

Ahmadi Ahmadi, Rahmi Rabiaty

Abstract

AbstractThis study discusses "Hadrah Art: Building Islamic Character of Students through Educational Values at Al Falah Putera Islamic Boarding School, Banjarbaru". The purpose of this study is to describe the art of hadrah in building Islamic character of students through educational values at Al Falah Putera Islamic Boarding School, Banjarbaru. The subjects of this study were teachers/mentors and students of the hadrah group. The object of this study is the values of Islamic education in hadrah art and the factors that influence hadrah art to form Islamic character of students at Al Falah Putera Islamic Boarding School. Data collection for this study used observation, interview and documentation techniques. While data processing techniques were carried out by data classification, editing, and data interpretation. Then the data is presented and analyzed using descriptive data analysis techniques and inductive conclusion drawing. Based on the research results, it is known that the value of Islamic education in the art of hadrah at the Al Falah Putera Islamic Boarding School has three Islamic educational values, namely the values of iʻtiqa ̃diyyah, khuluqiyyah, and ʻamaliah. From these three educational values, the character of the students can be formed in the form of religious, tolerant, disciplined, friendly/communicative and socially caring characters. Thus, the art of hadrah not only functions as art, but also as an effective means of character education. Keyword: Character, Hadrah Art, Islamic Education Values. AbstrakPenelitian ini membahas tentang “Kesenian Hadrah : membangun Karakter Islami siswa melalui nilai pendidikan Di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesenian hadrah dalam membangun karakter Islami siswa melalui nilai pendidikan di pondok pesantren Al Falah Putera Banjarbaru. Subjek penelitian ini adalah guru/pembimbing dan santri grub hadrah. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian hadrah serta faktor yang mempengaruhi dalam kesenian hadrah untuk membentuk karakter Islami siswa di pondok Pesantren Al Falah Putera. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan cara klasifikasi data, editing, dan interpretasi data. Kemudian data tersebut disajikan dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriftif dan pengambilan simpulan secara induktif.Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa nilai pendidikan Islam dalam kesenian hadrah di Pondok Pesantren Al Falah Putera mempunyai tiga nilai pendidikan Islam, yaitu nilai iʻtiq diyyah, khuluqiyyah, dan ʻamaliah. Dari ketiga nilai pendidikan tersebut, maka dapat terbentuk karakter pada santri berupa karakter religius, toleransi, disiplin, bersahabat/komunikatif dan peduli sosial. Dengan demikian, kesenian hadrah tidak hanya berfungsi sebagai seni, tetapi juga sebagai sarana pendidikan karakter yang efektif. Kata kunci: Karakter, Kesenian Hadrah, Nilai-Nilai Pendidikan Islam.

References

Abdullah Al Qisyara, Muhammad,” Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Dalam Buku Alhamdulillah Aku Sakit Karya Zainal Abidin Abu Habib Zain”, Skripsi, Surakarta, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2022.

Azizah, Aisah, et al, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Seni Hadroh”, Unisan Journal : Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam , Vol. 01, No. 04, Desember, 2022.

Fadilah, et al. Pendidikan Karakter, Jawa Timur: CV. Agrapana Media, 2021.

Hayati, Ria “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Karakter”, Al-Irsyad, Vol.9, No.2, Desember, 2019.

Hakim, Rifki Nasrun “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Musik Gambus Di Pondok Pesantren Al-Qur`An Al-Falah Cicalengka Bandung”, Skripsi, Malang, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.

Hamdanah dan Rinaldy Alifansyah, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Api Tauhid, Palangkaraya, 2017.

Indah, Nurul “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Analisis Buku Misteri Banjir Nabi Nuh”, Ilmuna, No. 2, (Maret 2020)

Maryanto, el al.”Perkembangan Musik Maulid Habsyi di Kalimantan Selatan”, Jurnal Pendiidikan, 2016.

Nursyahida, Arum Mei, dan Dr. Amika Wardana, ” Makna Dan Nilai Spiritual Musik Hadrah Padakomunitas Hadrah El-Maqoshid”, Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Rahayu, Tresnani Eka, “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Muhammad Fauzil Adhim”, Skripsi, Lampung , Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.

Ristianah, Niken,” Internalisasi Nilai-Nilai KeIslaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan”, Jurnal PAI, Vol. 3, No. 1, Maret, 2020.

Samrin, Pendidikan Karakter, Jurnal Al-Ta`dib, Vol. 9, No. 1, Juni, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabet, 2017.

Syarbini, Amirulloh, Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2016.

Putry, Raihan, “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas”, Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No. 1, Maret, 2018.

Yuliharti, “Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal”, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 4, No. 2, Desember, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.