FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB)

Nurul Qomariah

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia di dunia ini. Tanpa pendidikan mustahil kita akan mengalami perkembanngan ilmu pengetahuan juga teknologi seperti sekarang ini. Dunia pendidikan juga tidak hanya milik orang-orang borjuis saja, akan tetapi milik dan merupakan hak bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai sebuah Negara yang mempunyai penduduk beragama Islam sangat besar, dan merupakan negara kepulauan tentu mempunyai tatangan tersendiri dalam merumuskan pendidikannya. Pendidikan yang tidak mempunyai tujuan yang mencerminkan kepribadian suatu bangsa maka, apa yang akan dicita-citakan oleh bangsa tersebut untuk membentuk SDMnya tentu akan mengalami kegagalan. Hal ini merupakan tanggungjawab bersama, terkhusus lagi bagi para pemikir pendidikan khusunya yang di Indonesia harus mencarikan solusi bagaimana konsep ataupun metode pendidikan yang tepat untuk diterapka di Indonesian. Sebagai orang Islam sebagai dasar pendidikan tentunya merujuk Alquran dan hadis baik dari segi metode ataupuan tujuannya, sehingga menghasilkan manusia yang segala aktifitasnya untuk mengabdi padaNya.

References

Athiyah Mohd Al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta; Bulan Bintang, 1970.

Arief Armain, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta; Ciputat Pers, 2002.

Junaedi Mahfud, Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta; Kencana, 2017.

Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung; Pustaka Setia,2011.

Maragustam, Pemikiran al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim tentang Pemikiran Pendidikan Islam “Telaah dalam Perspektif Filsafat Pendidikan”,Yogyakarta;SUKA PRESS,2007.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam; Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembangan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta; RajaGrafindo Pesada,2009.

Nata Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 2010.

Rachaman Abd. Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta; RajaGrafindo Pesada, 2011.

Sayadi Wajidi, Hadis Tarbawi;Pesan-pesan Nabi Saw Tentang Pendidikan,Jakarta; Pustaka Firdaus, 2009.

Shihab M.Quraish, Membumikan Alquran;Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung;Mizan, 2000.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta; Kalam Mulia, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.