PENERAPAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM MENUNJANG KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA DI SDN 1 BANJARBARU

Annisa Annisa, Nurul Qamariyah

Abstract


Abstrak: This research discusses the implementation of clean and healthy living in supporting the effectiveness of student learning at SDN 1 Banjarbaru. The formulation of the problem in this research is how the implementation of clean and healthy living supports the effectiveness of student learning at SDN 1 Banjarbaru and what are the supporting and inhibiting factors for implementing clean living and healthy in supporting the learning effectiveness of SDN1 Banjarbaru students. Based on the problem formulation, the aim of this research is to find out how the implementation of clean and healthy living supports the effectiveness of student learning and to find out the supporting and inhibiting factors. The subjects in this research were fifth grade students, teachers and deputy principals of SDN1 Banjarbaru. Meanwhile, the object of this research is the implementation of clean and healthy living in supporting the effectiveness of student learning at SDN 1 Banjarbaru as well as supporting and inhibiting factors. In presenting data, the author uses interview, observation and documentary techniques. Meanwhile, data processing techniques are carried out by editing, data classification and data interpretation, then analyzed qualitatively and drawing conclusions inductively. Based on the research results, it is known that the implementation of clean and healthy living in supporting the effectiveness of student learning at SDN 1 Banjarbaru has been effective and is working very well. This can be seen from the indicators, namely students who have been able to apply clean and healthy living to the effectiveness of their learning. The effectiveness of the implementation process is due to several factors, namely the supporting factors for implementing clean and healthy living are the availability of facilities and infrastructure, all school residents, parents and the environment, and the inhibiting factors are parents and environmental conditions which make children follow what is being done around them. Keywords: Clean and Healthy Indonesia, Implementation, Life. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang penerapan hidup bersih dan sehat dalam menunjang efektivitas pembelajaran siswa di SDN 1 Banjarbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan hidup bersih dan sehat mendukung efektivitas pembelajaran siswa di SDN 1 Banjarbaru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan hidup bersih dan sehat dalam mendukung efektivitas pembelajaran siswa SDN 1 Banjarbaru . Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan hidup bersih dan sehat mendukung efektivitas belajar siswa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, guru dan wakil kepala sekolah SDN1 Banjarbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan hidup bersih dan sehat dalam menunjang efektivitas pembelajaran siswa di SDN 1 Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dalam penyajian data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan cara editing, klasifikasi data dan interpretasi data, kemudian dianalisis secara kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan hidup bersih dan sehat dalam menunjang efektivitas pembelajaran siswa di SDN 1 Banjarbaru sudah efektif dan berjalan dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari indikatornya yaitu siswa yang telah mampu menerapkan hidup bersih dan sehat terhadap efektivitas pembelajarannya. Efektifitas proses pelaksanaannya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor pendukung pelaksanaan hidup bersih dan sehat adalah ketersediaan sarana dan prasarana, seluruh warga sekolah, orang tua dan lingkungan, dan faktor penghambat adalah orang tua dan kondisi lingkungan yang menyebabkan terjadinya perilaku hidup bersih dan sehat. anak mengikuti apa yang dilakukan disekitarnya. Kata Kunci: Implementasi, Indonesia Bersih dan Sehat, Kehidupan.

References


Achadi Endang L, Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: PT Grapindo Persada 2014.

Ali Lukman, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo, 2007

Arief Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputra Pres, 2002.

Azwar, Sikap Manusia Teori dan Pengaruhnya . Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajaran, 2005.

Badudu dan Sutan Mohammad Zain, Efektifitas Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010.

Budiarto, E, Metode Penelitian Kedokteran Sebuah Pengantar.Jakarta : EGC, 2003

Burhan, Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grapindo 2001.

Departemen Kesehatan RI, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Indonesia , Jakarta, 2015.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008, Edisi Ke IV.

Fathoni, Abdrrahman, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat, Buku Saku Pemantauan Status Gizi, 2017.

Kementrian kesehatan RI, pedoman pembinaa perilaku hidup bersih dan sehat, Jakarta, 2011.

Kholid, A, Promosi Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Lestari Rusilanti, Dkk, Gizi Dan Keseahatan Anak Praskolah. Bandung: Remaja Rosda karya: 2015.

Machfoedz, Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan, Yogyakarta: Fitramaya, 2007.

Mahfud Sahlan, Nuansa Fiqih Sosial, Yogyakarta: LKIS, 2003.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Martianto Djamaris, Menjadikan UKS Sebagai Upaya Promosi Tumbuh Kembang Anak Didik. Bogor: Gadjah Mada University Press, 2005.

Mubarak. W. I. 2007. Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar – Mengajar dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam: kajian filosofis dan kerangka dasar operasionalisasinya, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Mulyani, Kebersihan Diri Dan Jenis Kebersihan Diri. Edisi ke 2. Jakarta : Graga ilmu, 2012.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Notoatmodjo Soekidjo, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Notoatmodjo Soekidjo, Promosi Kesehatan Dan Ilmu Prilaku, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Pramono, dkk. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Solo: Wangsa Jatra 2010.

Proverawati, A., & Rahmawati, E, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

Purwanto Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2000.

Putera, Nusa dan Lisnawati, Santi, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Qodratillah, Meity Taqdir, dkk, Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, Jakarta: Balai pustaka 2005.

Salim Peter dan Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English Perss, 2002.

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: pt. raja grafindo persada, 2012.

Sendy, Permasalahan Perilaku Kesehatan Pada Anak. Jakarta: Trans Info Media, 2013.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Soetatmo Djonet, Kesehatan Pribadi, Jakarta: Roya Karya, 1979.

Sukiman, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing, Yogyakarta: Paramitra, 2001.

Sukmadinata Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Sunita Almatsier, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Algensindo 2010.

Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009, Cet. II

Suwardi, “cara belajar efektif dan efisien”, Vol. 4, No. 1, Agustus, 2015.

Syah M, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bandung: Citra Umbara 2003.

Wahab, Tujuan Penerapan Program, Jakarta: Bulan Bintang, 2008.

Wiarto Giri, Budidaya Hidup Sehat, Sukabumi: Gosyeng Publishing, 2013.

Yayuk Farida, Pengantar Pangan dan Gizi. Jakarta: Penebar Swadaya , 2004.

Zaviera, Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kata Hati, 2008.

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v3i2.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International