PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TAPIN KECAMATAN CANDI LARAS UTARA KABUPATEN TAPIN

Noorchaliza Maudi Puteri

Abstract


Abstract: This research discusses "Instilling religious values through religious activities at Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapin, Candi Laras Utara District, Tapin Regency". The formulation of the problem in this research is how the planting pattern to instill religious values is carried out through religious activities at Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapin and what factors influence it. Based on these reasons, the aim of this researcher is to find out how the cultivation of religious values is carried out through religious activities at Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapin as well as the supporting and inhibiting factors.The subjects in this research were 1 PAI teacher, 1 teacher supervising religious activities, and 5 students. Meanwhile, the object of this research is the cultivation of religious values through religious activities at MAN 3 Tapin and what factors influence them. Data mining, the author uses interview techniques, observation and documentation. Meanwhile, data processing techniques are carried out by data classification and editing, then analyzed qualitatively and drawing conclusions inductively.Based on the research results, it is known that the cultivation of religious values through religious activities at MAN 3 Tapin has gone well in its cultivation. This can be seen from the religious activity programs that are formed and the strategies carried out by teachers to support the running of religious activities. Apart from that, there are other factors that support this, namely the existence of good cooperation between teachers and some parents supervising their children when it comes to worship outside of school. There are several factors that hinder the cultivation of these religious values, such as lack of attention from parents towards children, poor social interactions with the surrounding community, and inadequate infrastructure. Keywords: Cultivation, Religious, Religious, Values. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “Penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapin Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola penanaman untuk menanamkan nilai-nilai relegius yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapin dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berdasarkan alas an tersebut maka tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai relegius yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapin serta faktro pendukung dan penghambatnya.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI, 1 orang guru pembimbing kegiatan keagamaan, dan 5 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai relegius melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Tapin serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penggalian data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan klasifikasi data dan editing, selanjutnya dianalisis secara diskriktif kualitatif dan pengambilan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Tapin sudah berjalan baik dalam penanamannya. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya program kegiatan keagamaan yang dibentuk dan strategi yang dilakukan oleh guru untuk mendukung jalannya kegiatan keagamaan. Selain itu, ada faktor lain yang mendukung yaitu adanya kerjasama yang baik antar guru dan sebagian orang tua mengawasi anaknya dalam hal ibadah saat diluar sekolah.  ada beberapa faktor yang menghambat dalam penanaman nilai-nilai relegius tersebut seperti kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, pergaulan masyarakat sekitar yang kurang baik, dan sarana prasarana yang masih belum tercukupi. Kata Kunci: Nilai-Nilai, Keagamaan, Penanaman, Relegius.

References


A.S. Homby, Oxford Advance Learner’s Dictionary of Current English, New York, Oxfrord University Press, 1995.

Agus Zaenul Fitri, Agus, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2012.

D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Al-Ma’arif, 1989.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta, NV Bulan Bintang, 1991.

Departemen Pendidikan Nasional, Peningkatan Wawasan Keagamaan Islam, Jakarta, Balai Pustaka, 2000.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Depertemen Agama RI, Panduan Kegiatan Ekstrakulikuler Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Direktorat Jenderal Kelembangan Agama Islam, 2005.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implemetasi, Bandung, Alfabeta, 2012.

Koesoemo A, Doni, Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta, Grasindo, 2007.

M. Echols, John dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta, Gremedia, 2003.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Martin H. Manser, Oxford Learner Pocket Dictionary, USA, Oxford University Press, 1995.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta, Amzah, 2015.

Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta, Bumi Aksara, 2014.

Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Rajawali Press, 2003.

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2012.

STAI Al Falah Banjarbaru, Buku Panduan Penulisan Skripsi, Banjarbaru, STAI Al Falah Banjarbaru, 2019.

Sudirman, Ilmu Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1987.

Syamsul Arifin, Syamsul, Studi Agama: Perspektif Sosiologi dan Isu-isu Kontemporer, Malang, UMM Press, 2009.

Syarbini, Amirulloh, Buku Pintar Pendidikan Karakter, Jakarta, Asa Prima Pustaka, 2013.

Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Pusat Bahasa, 2008.

UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, CV. Ekojaya, 2003.

Wiyani, Novan Ardy, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta, Teras, 2012.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta, Kencana, 2011.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v4i1.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International