EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA TINGKAT TAJHIZI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERI BANJARBARU MELALUI METODE TILAWATI

Aisyah Aisyah

Abstract


Abstract:  This research discusses "The effectiveness of the Al Qur'an learning process at the Tajhizi level of the Al Falah Puteri Banjarbaru Islamic Boarding School using the tilawati method". The formulation of the problem in this research is how effective the Al Qur'an learning process is at the Al Falah Puteri Islamic Boarding School through the tilawati method and what factors influence it. Based on the problem formulation, the aim of this research is to find out how effective the Al Qur'an learning process is through the tilawati method and what factors influence it. The subjects in this research were female students from Tajhizi J class with a total of 33 people. Meanwhile, the object of this research is the effectiveness of the Al Qur'an learning process through the tilawati method for female students in Tajhizi class J and what factors influence it. In extracting data the author used interview, observation and documentary techniques. Meanwhile, data processing techniques are carried out by editing and classifying data, then analyzed qualitatively and drawing conclusions inductively. Based on the research results, it is known that the application of the tilawati method at the Al Falah Puteri Islamic Boarding School in the Qur'an subject in the Tajhizi J class has been effective. This can be seen from the indicator, namely that female students have been able to read the Qur'an in tartil tones according to the makhraj and tajwid that have been determined after following and khatam the Tilawati method for approximately 6 months. The effectiveness of the Qur'an learning process through the tilawati method is caused by several factors, namely the ustadzah factor who tries to be patient and sincere in providing better teaching that is easily accepted by the female students as well as the student factor and the time available so that the learning process can run smoothly. good and female students are fluent in reading the Qur'an according to the makhraj and tajwid that have been determined. Keywords: Al-Qur'an Learning, Effectiveness, Tilawati Method. Abstrak:   Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas proses pembelajaran al Qur’an pada tingkat Tajhizi Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru melalui metode tilawati”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas proses pembelajaran al Qur’an di Pondok Pesantren Al Falah Puteri melalui metode tilawati dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas proses pembelajaran al Qur’an melalui metode tilawati serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah santriwati kelas Tajhizi J dengan jumlah 33 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas proses pembelajaran al Qur’an melalui metode tilawati bagi santriwati kelas tajhizi J serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Dalam penggalian data penulis menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumenter. Sedangkan tekhnik pengolahan data dilakukan dengan editing dan klasifikasi data, selanjutnya dianalisis secara diskriktif kualitatif dan pengambilan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan metode tilawati di Pondok Pesantren Al Falah Puteri pada mata pelajaran al Qur’an di kelas Tajhizi J itu sudah efektif. Hal tersebut bisa dilihat dari indikatornya yaitu santriwati telah mampu membaca al Qur’an dengan nada tartil sesuai makhraj dan tajwid yang telah ditentukan setelah mengikuti dan khatam metode Tilawati selama kurang lebih 6 bulan. Keefektifan dari proses pembelajaran al Qur’an melalui metode tilawati tersebut disebabkan dari beberapa faktor yaitu faktor ustadzah yang berusaha sabar dan tulus dalam memberikan pengajaran yang lebih baik dan mudah di terima oleh para santriwati serta faktor santriwati dan waktu yang tersedia hingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan  santriwati fasih membaca al Qur’an sesuai makhraj dan tajwid yang telah ditentukan. Kata Kunci: Efektivitas,  Metode Tilawati, Pembelajaran Al-Qur’an.

References


Al-Qarni Aidh, Laa Tahzan (Jakarta: Qisthi Press, 2003).

Aziz Amka Abdul, Guru Profesional Berkarakter, (Klaten: Cempaka Putih 2012).

Daradjat Zakiah, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan bintang, 1993).

Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif (Bandung: Yrama Widya, 2013).

Departemen Agama Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemahnya (Semarang: PT. Karya Thoha, 2002).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Depdikbud 1987).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997).

Hamalik Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar (Bandung, Sinar Baru Algesindo 2012).

Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta, PT. Raja Grafindo, 1994).

M. Dahlan yacob Al Barry, Kamus Ilmiah Populer ( Surabaya, ARLOKA 1994).

Mazhahiri Husain, Meruntuhkan Hawa Nafsu Membangun Rohani (Jakarta: Lentera, 2000).

Nasih Ahmad Munji dan Lilik Nur Khalidah, Metode dan Tekhnik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Refika Aditama, 2009).

Novia Windy, Kamus Ilmiah Populer (WIPRESS, 2009).

Uhbiyati Nur , Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: C.V. Pustaka Setia, 1997).

Qardhawi Yusuf , Berinteraksi dengan Al Qur’an (Bandung: Mizan, 1998).

Sadzili Hasan, dkk., Tilawati Jilid 1-6 (Surabaya: Pesantren Virtual Nurul Falah, 2004).

Sardiman A. M, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001).

Supardi, Jurnal Penelitian KeIslaman (Mataram: Lemlit STAIN Mataram, 2004).

Tim Redaksi, Buletin Al-Falah Media Informasi Tahunan, (Banjarbaru: Pondok Pesantren Al-Falah, 2012).

Yayasan Almuwahid, Diktat Pelatihan Peningkatan Mutu Kualitas Pendidikan AlQuran dengan Metode Tilawati (Banjarbaru 2009).

Y. Zulkarnain, G. Surya Alam, Lionardo D. Marsam, M. Surya Aditama, Kamus Praktis Bahasa Indonesia. (Surabaya: CV Karya Utama, 2000).




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v5i1.426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International