STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MI SITI MARIAM

Miftahul Janah, Noor Hidayati

Abstract


Abstract: The learning and teaching process is essentially the application of various methods, strategies or approaches in teaching and learning activities. The use of appropriate learning strategies in the classroom certainly has a big influence on student learning outcomes, especially their interests. This research aims to determine the application of learning strategies by teachers in increasing fourth grade students' interest in learning to achieve learning outcomes in the Pancasila Education subject at MI Siti Mariam Banjarmasin and determine the supporting and inhibiting factors. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques use observation, interviews and documentation methods. The data analysis used is qualitative, meaning that it can be obtained from documents in the form of answers or information, not in the form of numbers, which includes selecting data, presenting data and drawing conclusions. The informants who acted as participants in this research were class IV students at MI Siti Mariam Banjarmasin, the school principal, and class IV teacher at MI Siti Mariam Banjarmasin. The results of this research state that the strategies used by teachers in class IV at MI Siti Mariam Banjarmasin are Expository strategies and strategies Contextual Teaching Learning (CTL). Supporting factors in the learning process through group learning, a more approach towards students, supporting media such as worksheet books, pictures or videos, games at the end of the lesson but still within the scope of the learning material. Meanwhile, the inhibiting factors are students' lack of enthusiasm in learning, such as being lazy, getting bored quickly and the teaching media used by teachers is less supportive. Keywords: Interest in Learning, Pancasila Education, Teacher Strategy. Abstrak: Proses belajar dan mengajar pada hakikatnya merupakan penerapan berbagai metode, strategi atau pendekatan dalam kegiatan belajar-mengajar. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat di dalam kelas tentunya sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama minat mereka . Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV untuk mencapai capaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di MI Siti Mariam Banjarmasin dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara  dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif, artinya dapat diperoleh dari dokumen berupa jawaban atau keterangan bukan berupa angka-angka, yang meliputi memilih data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan yang berperan sebagai partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Siti Mariam Banjarmasin, kepala sekolah, dan wali kelas IV MI Siti Mariam Banjarmasin. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang digunakan guru pada kelas IV di MI Siti Mariam Banjarmasin yaitu strategi Ekspositori dan strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL). Faktor pendukung dalam proses pembelajaran melalui belajar secara berkelompok, pendekatan yang lebih terhadap siswa, media pendukung seperti buku LKS, gambar atau video, permainan pada akhir pembelajaran namun masih dalam lingkup materi pembelajaran. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurang antusiasnya siswa dalam belajar seperti malas, cepat bosan dan media ajar yang digunakan guru kurang mendukung. Kata Kunci: Minat Belajar, Pendidikan Pancasila, Strategi Guru.

References


Amelia Rizky Idhartono, Lutfi Isni Badi’ah, Kaltsum Kamilah Khairunnisaa, and Irene Balgis Salsabila. “Strategi Praktek Pembelajaran Kurikulum Merdeka.” Kanigara, 2, 2 (n.d.). https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i2.5982.

Amidah. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang.” Conciencia: Journal of Islamic Education, 2, 14 (2014). https://doi.org/10.19109/conciencia.v14i2.98.

Anwar Effendi. “UNY Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Kota Tarakan,” n.d. https://www.uny.ac.id/id/berita/uny-sosialisasikan-kurikulum-merdeka-di-kota-tarakan#:~:text=Anwar%20Efendi%20juga%20mengatakan%20bahwa,m.

Arina Restian Husamah and Rohmad Widodo. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.

Arnild Augina Mekarisce. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat,” 3, 12 (2020). https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka, n.d.

Eka Rizki Mulyani, Masrul, and Astuti. “Analisis Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 1, 5 (2021).

Fadil Yudia Fauzi, Ismail Arianto, and Etin Solihatin. “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Jurnal PKN UNJ, 2, 1 (2013).

Haudi. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Kasiyan. “Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa,” 1, 13 (2015). https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044.

Mhd. Syahdan Lubis. “Belajar Dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan Yang Berkemajuan.” Jurnal Literasiologi, 2, 5 (2021). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.222.

Munir Yusuf. Pengantar Ilmu Pendidikan. Bara Kota Palopo: IAIN Palopo, 2018.

Noor Hidayati. “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN,” 2, 2 (2013). http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v2i2.2206.

Noor Komari Pratiwi. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang.” Jurnal Pujangga, 2, 1 (2015).

Nurmadiah. “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 1, 3 (n.d.). https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sutrisno. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press, 2021.

Wina Sanjaya. Trategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 1st ed. 12. Jakarta: Prenadamedia, 2016.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v7i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International