PERCAMPURAN BAHASA BANJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI SULLAMUT TAUFIQ BANJARMASIN

Siti Nur Asiyah, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Abstract: The use of the mother tongue in everyday life affects the use of Indonesian as an introduction to the learning process, as happened in class V MI Sullamut Taufiq Banjarmasin, where teachers and students mix Banjarese with Indonesian during the learning process, causing language interference. This study aims to determine the forms of interference that occur in teachers and students and the factors that influence the occurrence of language interference in teachers and students at MI Sullamut Taufiq Banjarmasin. This study uses a descriptive qualitative approach. The results of this study are (1) The form of Banjar language interference in Indonesian language learning carried out by the teacher is in the form of phonological, morphological, lexical, and syntactic interference. (2) Forms of Banjar language interference in Indonesian language learning carried out by students are phonological, morphological, and lexical interference. (3) The factors that cause interference to the teacher are internal factors in the form of the habit of using the mother tongue. While the factors that cause interference in students include; a) Internal factors in the form of speakers' habits of using their mother tongue; and b) External factors, namely the habit of using the Banjar language in the family environment, the surrounding community, and the school. Keywords: Banjar Language, Indonesian Language, Interference, Language Learning.  Abstrak: Penggunaan bahasa ibu dalam kehidupan sehari-hari mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat pada kelas V di MI Sullamut Taufiq Banjarmasin, di mana guru dan siswa mencampur bahasa Banjar dengan bahasa Indonesia selama pembelajaran, menyebabkan interferensi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk interferensi yang terjadi pada guru dan siswa di MI Sullamut Taufiq Banjarmasin, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Interferensi bahasa Banjar dalam pembelajaran bahasa Indonesia oleh guru meliputi interferensi fonologis, morfologis, leksikal, dan sintaksis; (2) Interferensi bahasa Banjar dalam pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa meliputi interferensi fonologis, morfologis, dan leksikal; (3) Faktor penyebab interferensi pada guru adalah faktor internal berupa kebiasaan menggunakan bahasa ibu. Sedangkan pada siswa, faktor penyebabnya adalah faktor internal berupa kebiasaan menggunakan bahasa ibu dan faktor eksternal yaitu kebiasaan penggunaan bahasa Banjar di lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Kata Kunci: Bahasa Banjar, Bahasa Indonesia, Pembelajaran, Percampuran Bahasa.

References


Asih, Riyanti. Teori Belajar Bahasa. Magelang: Tidar Media, 2020.

Effendi, Rustam. “Persamaan Dan Perbedaan Prefiks Ber- Dalam Bahasa Indonesia Dan Ba- Dalam Bahasa Banjar.” Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya 9, no. 1 (April 16, 2019): 80–98. https://doi.org/10.20527/jbsp.v9i1.6251.

Eriyanti dkk., Ribut Wahyu dkk. Linguistik Umum. Uwais Inspirasi Indonesia, n.d.

Firmansyah, Muhammad Arif. “Interferensi Dan Integrasi Bahasa.” Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya 8, no. 1 (April 23, 2021): 46–59. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p46-59.

Fitriasari, Lintang. “Interferensi Leksikal Bahasa Jawa Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Lisan Oleh Siswa Tk Aba Perumnas Condongcatur.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2011. https://eprints.uny.ac.id/22193/1/Lintang%20Fitriasari%2004210144022.pdf.

Helom, Maria Rosna Sari, and Tri Indrayanti. “Interferensi Bahasa Pada Percakapan Dalam Video Wawancara Tokoh Unipa Surabaya.” Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 5, no. 2 (September 30, 2022): 119–27. https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.6054.

Hikmah, Durratul, and Irfan Wahyudi. “Writing Error: Exploring the Language Interference in EFL Context.” International Journal of English Education and Linguistics (IJoEEL) 5, no. 1 (July 31, 2023): 146–55. https://doi.org/10.33650/ijoeel.v5i1.6590.

Ismiani, Pratimi, Ika Mustika, and Mimin Sahmini. “Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Volume 3 Nomor 5, September 2020 (n.d.).

Ivone Kumaat, Sylvia, Garyyn Christian Ranuntu, and Rina Pamantung. “Interferensi Bahasa Ibu Oleh Guru Dan Implikasinya Terhadap Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 13 Manado.” Kajian Linguistik, No 2, n.d.

Jalalain, Assyuti, and Muhammad Ibnu Ahmad Al-Mahally. Tafsir Jalalain, n.d.

Kurnia, Zuliya, Fransiscus Xaverius Samingin, and Rangga Asmara. “Interferensi Bahasa Jawa Ke Dalam Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung.” Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1, no. 2 (2018): 77–88. https://doi.org/10.31002/repetisi.v1i2.785.

Kusmawanto, Yoki N., Indrie Destyanie Ferdian, and Heri Isnaini. “Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Pidato Persuasif Di SMP Negeri 2 Batujajar.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 3 (May 7, 2019): 461–66. https://doi.org/10.22460/p.v2i3p461-466.2849.

Kuwing, Aseeyah. “Interferensi Fonologis Bahasa Melayu Pattani Dalam Berbahasa Indonesia Mahasiswa Thailand Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Mabasan 11, no. 1 (2017): 287915. https://doi.org/10.26499/mab.v11i1.63.

Mandia, I Nyoman. “Interferensi Bahasa Asing Dalam Jurnal Logic Politeknik Negeri Bali.” Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora Vol 4 No. 2 (n.d.).

Mulyati. Terampil Bahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi. Prenada Media, 2017.

Muttaqin, Ahmad Imam. “Konstruksi Verba Gerak Direksional Dalam Bahasa Banjar.” PRASASTI: Journal of Linguistics 4, no. 2 (December 4, 2019): 99–103. https://doi.org/10.20961/prasasti.v4i2.34129.

Peter, Ramot, and Masda Simatupang. “Keberagaman Bahasa Dan Budaya Sebagai Kekayaan Bangsa Indonesia.” DIALEKTIKA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA 9 (July 28, 2022): 96–105. https://doi.org/10.33541/dia.v9i1.4028.

Purwanti, Endang, and Wahyu Mulyani. “Interferensi Bahasa Jawa Dalam Bahasa Indonesia Pada Film Yowis Ben 2 Karya Fajar Nugros Dan Bayu Eko Moektito: Studi Kasus Pada Objek Penelitian Film Yo Wis Ben.” Prosiding SNasPPM 7, no. 1 (October 31, 2022): 586–95. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1505.

Putu Gede Sutrisna, I. Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021.

Qarina, Sa’adatul. “Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Bahasa Indonesia Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Di Kelas X MA An-Nawari Sera Tengah Bluto Sumenep.” Undergraduate, Institut Agama Islam Negeri Madura, 2022. https://doi.org/10/Sa%27adatul%20Qarina_18381072126__BAB%20V_TBIN.pdf.

Rahimah, Ani, Mina Syanti Lubis, and Ilham Sahdi Lubis. “Faktor Penyebab Terjadinya Interferensi Sintaksis Bahasa Angkola Dalam Bahasa Indonesia Tulis Pada Peserta Didik di TK Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan.” TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Sosial, and Arts Volume 2, no. issue 3 (n.d.).

Resticka, Gita Anggria. “Interferensi Morfologi Bahasa Indonesia Ke Dalam Pemakaian Bahasa Jawa Di Media Massa.” Jurnal Lingua Idea 6, no. 2 (March 8, 2017): 70–85. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jli/article/view/490.

Santoso, B Wahyudi Joko. “Kesantunan Berbahasa,” n.d.

sudarmo. “Fonotaktik Bahasa Banjar (Banjarese Phonotactic),” n.d.

Ulfa, Siti Mariana, Udjang Pairin M. Basir, and Yulianah Prihatin. “Faktor Penyebab Terjadinya Interferensi Bahasa Indonesia Tuturan Mahasiswa Thailand Pada Pembelajaran Ppl Dasar Di Universitas Hasyim Asyâ€Tmari.” Jurnal Disastri 2, no. 1 (March 4, 2020): 38–44. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.876.

U’ti Rohimawati, Erfinta. “Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia Dalam Bahasa Jawa Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mungkid Di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.” Universitas Negeri Yogyakarta, n.d.

Wiki, Saputra. “Pronomina Bahasa Melayu Dialek Serasan Kabupaten Natuna.” Diploma, IKIP PGRI Pontianak, 2022. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1170/.

Yogiswari, Krisna Sukma. Panduan Penulisan Naskah Ilmiah. Nilacakra, 2020.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v7i1.482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International