DINAMIKA KETERKAITAN KELUARGA DAN PROBLEMATIKA PENGASUHAN ANAK USIA 7 TAHUN

Kania Husna, Nurafni Nurafni, Muhammad Mufiedi

Abstract


Abstract: The family is the smallest social group in society which consists of father, mother and children. Which means that everything is interconnected in terms of building a harmonious family. And children are human beings who continuously grow and develop over time in every process of their growth and development towards being fully human. Thus, children become the main focus in a family, especially parents, to be cared for and educated well, with the aim of giving birth to children who are healthy, achievers and have noble character. Apart from all that, the journey in caring for children is not always smooth. Especially when a child reaches the age of 7 years, at that time the child's cognitive, social and emotional development reaches the most important level and a time when everything develops rapidly. So, it is not uncommon to find several problems that are present in this process and that parents have to face. Thus, based on this background, the author feels it is important to carry out this research, which it is hoped will be useful for developments in the world of education. In order to obtain research data that is in accordance with what happens in the field and expect the existing data to be as detailed as possible. So the type of research method we use is qualitative with a case study approach using interview, observation and documentation methods. The results of this research show that the family is an element that is interconnected with each other. And in the process of raising a 7 year old child, there are several problems faced by parents. Where each family has its own way of solving existing problems. Keywords: 7 Year Old Child, Family, Problem. Abstrak: Keluarga merupakan kelompok sosial terkecil dalam masyarakat yang mana terdiri dari ayah, ibu dan anak, Semuanya saling memiliki keterkaitan dalam hal membina keluarga yang harmonis. Kemudian anak merupakan insan yang terus-menerus bertumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu dalam setiap proses tumbuh kembangnya menuju manusia seutuhnya. Sehingga, anak menjadi fokus utama dalam sebuah keluarga khususnya orang tua untuk diasuh dan dididik dengan baik, dengan tujuan melahirkan anak yang sehat, berprestasi juga berakhlak mulia. Telepas dari semua itu, perjalanan dalam pengasuhan kepada anak tidaklah selalu mulus. Terutama ketika anak mencapai usia 7 tahun, dimana pada masa itu perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak mencapai pada taraf yang paling penting dan masa dimana semuanya berkembang dengan pesat. Sehingga, tak jarang ditemukan beberapa masalah yang hadir dalam proses tersebut dan harus dihadapi oleh orang tua. Dengan demikian, atas latar belakang tersebut penulis merasa penting untuk melakukan penelitian ini, yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan dalam dunia pendidikan. Agar didapatkan data penelitian yang sesuai dengan yang terjadi dilapangan serta mengharapkan data yang ada serinci mungkin. Maka jenis metode penelitian yang kami gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga merupakan unsur yang saling berkaitan satu sama dengan yang lain. Dan pada proses pengasuhan anak usia 7 tahun terdapat beberapa masalah yang dihadapi para orang tua. Dimana tiap-tiap keluarga memiliki caranya masing-masing dalam menyelesaikan masalah yang ada. Kata Kunci: Anak 7 Tahun, Keluarga, Masalah.

References


Amini, Nur Aisyah, And Muhamad Taufik Hidayat. “Tinjauan Pustaka Sistematis: Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7, No. 1 (April 18, 2023): 147–57.

Andayani, Sri. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 7, No. 02 (December 2, 2021): 199–212.

Arkam, Rohmad, And Mulyono. “Strategi Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Berbasis Kearifan Lokal Di Tk Muslimat Nu 089 Kepatihan Ponorogo.” Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 12, No. 2 (July 31, 2020): 179–84. Https://Doi.Org/10.35457/Konstruk.V12i2.1106.

Bunyamin, Andi. “Mengelola Stres Dengan Pendekatan Islami Dan Psikologis.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5, No. 1 (2021): 145–59.

Fahmi, Zulkifli Reza. “Pembagian Peran Suami Dan Istri Dalam Membangun Rumah Tangga Sakinah Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani,” N.D.

Hutagalung, Ratna, And Zaka Hadikusuma Ramadan. “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Di Lingkungan Keluarga Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, No. 5 (July 13, 2022): 4967–91. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.2895.

Indra Saeful Hidayat, Yayat Hidayat, Mohamad Yudiyanto, Malik Sofy, Ahmad Rifai, Laesti Nurishlah, Dede Sofyan Hadi, Ani Sri Mulyani, Emma Wahidah, Mukhlisin, Muhammad Rizal Firdaus, Ahmad Dini, Rukma Ade Kusumah, Zainal Arifin, Iklima Istiqomah, Kania Dewi Kurniawati. Student Center: Memahami Peserta Didik Dari Berbagai Aspek. Cv. Intake Pustaka, 2024.

Khodijah, Ijah Siti, Alfiah Khodijah, Najah Adawiyah, And Imam Tabroni. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Lebah 15, No. 1 (September 30, 2021): 23–32.

Maitrianti, Cut. “Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11, No. 2 (June 30, 2021): 291–305. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V11i2.8709.

Puspytasari, Heppy Hyma. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Bagi Anak.” Jurnal Pendidikan Islam 6, No. 1 (July 24, 2022): 1–10.

Rahmawati, Rahmawati, And Muragmi Gazali. “Pola Komunikasi Dalam Keluarga.” Al-Munzir 11, No. 2 (2018): 327–245.

Risnawati, Atin, And Dian Eka Priyantoro. “Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, No. 1 (2021): 1–16. Https://Doi.Org/10.32678/Assibyan.V6i1.9929.

Riwayadi, Purwo. “Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia.” Available At Pls-Um Database, 2013.

Zahro, Nur Holifatuz, Mory Victor Febrianto, And Santoso Santoso. “Pola Asuh Orang Tua Dan Dampaknya Pada Anak.” Mimbar Integritas : Jurnal Pengabdian 1, No. 2 (August 18, 2022): 290–98. Https://Doi.Org/10.36841/Mimbarintegritas.V1i2.2093.

Zukabibah, Zukabibah, And Ayu Rissa Atika. “Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Dalam Keluarga.” Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 6, No. 4 (August 20, 2023): 431–37.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v7i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International