SOSOK PESERTA DIDIK IDEAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENYIAPKAN GENERASI MENYONGSONG ERA 5.0

Surawardi Surawardi, Ahmad Syafawi, Ahmad Rizami, M. Khalilur Rahman, Muhammad Raihan Naufal

Abstract


 Abstract: This research was conducted to find a description of the character of an ideal student according to the view of education in Islam, as an effort to prepare human resources that are able to compete among the current generation to face an increasingly developing era. Apart from the above intentions, this research is motivated by the development of the times which are always developing, both in terms of technology and science. Meanwhile, as a Muslim human being, one must be prepared to deal with progress so as not to lag behind in knowledge and be able to face challenges. This research was conducted using the library method, in which the sources were obtained from reading materials, both books and journals. The research results obtained are that the ideal student in the perspective of Islamic education must be someone who has good morals, understands moral values, is able to face or solve problems, and thinks critically, has creative abilities, is capable of using digital technology, has and has leadership spirit and initiative to make plans. In addition, ideal students are also seen as individuals who are able to solve problems with their abilities and have activeness in responding to the learning process. Keywords: Era Society 5.0, Islamic Education, Students. Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mencari gambaran tentang karakter dari sosok seorang peserta didik ideal menurut pandangan pendidikan dalam Islam, sebagai salah satu upaya menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di kalangan generasi sekarang guna menghadapi era yang semakin berkembang. Selain dari maksud diatas, penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan zaman yang selalu berkembang, baik dari segi teknologi maupun ilmu pengetahuannya. Sedangkan sebagai seorang insan muslim haruslah siap untuk berhadapan dengan yang namanya kemajuan sehingga tidak menimbulkan ketertinggalan pengetahuan serta mampu jikalau ada tantangan yang menghadang. Penelitian ini dilakukan dengan metode pustaka, yang mana sumber-sumbernya didapat dari bahan bacaan baik itu buku ataupun jurnal. Hasil penelitian yang didapat ialah bahwa peserta didik yang ideal dalam perspektif pendidikan Islam harus menjadi sosok yang berakhlakul karimah, memahami nilai-nilai moral, mampu menghadapi atau memecahkan masalah, dan berpikir secara kritis, memiliki kemampuan kreativitas, cakap menggunakan teknologi digital, mempunyai serta memiliki jiwa kepemimpinan dan berinisiatif membuat perencanaan. Selain itu, peserta didik yang ideal juga dipandang sebagai individu yang mampu mengatasi persoalan dengan kemampuannya serta memiliki keaktifan dalam menanggapi pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Era Society 5.0, Pendidikan Islam, Peserta Didik.

References


Akrim, “Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam”, Yogyakarta, Bildung, 2020.

Hidayat, Rahmat, Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia”, Medan, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.

Dian Amelia Norita Sari, Benny Herawanto, “Die Lernergebnisse der Sch ler im Sprechunterricht durch Medien der Bilder”, Surabaya, LATERNE: Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman UNESA, 2015.

Hadi Putra, Pristian, “Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0”, Kerinci, Jurnal Islamika: Jurnal-Jurnal Ilmu Keislaman IAIN, 2019.

Harahap, Musaddad, “Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Pekanbaru, Jurnal Al- Thariqah Universitas Islam Riau, 2016.

Irawan Mega, Kisah, “Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0)”, Malang, Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan Universitas Negeri, 2022.

Kulsum, Ummu, Abdul Wahid, “Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital”, Surabaya, Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman UIN Sunan Ampel, 2022.

Muhammad Arief Budiman, Mei Fita Asri Untari, Ikha Listyarini, “English Learning Practices”, Semarang, Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha Universitas PGRI Semarang, 2021.

Raihanah, “Konsep Peserta Didik dalam Teori Pendidikan Islam dan Barat”, Banjarmasin, Tarbiyah Islamiyah IAIN Antasari, 2015.

Pratama Abnisa, Almaydza, “Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Al-Qur’an”, Tangerang, Jurnal Asy-Syukriyyah STAI Asy-Syukriyyah, 2017.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v7i1.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International