Abstract
Abstract: This research discusses "Implementation of the Muta'allim Ta'lim Book Concerning Santri Manners for Ustadz at the Nurul Ma'ad Putera Banjarbaru Islamic Boarding School". This title was taken from the results of initial observations which revealed that there were students who had not applied their manners towards Ustadz in accordance with the contents of the Ta'lim Muta'allim Book. The formulation of the problem in the research is How to Implement the Ta'lim Mu'taalim Book About Adan Santri Against Ustadz at the Nurul Ma'ad Putera Banjarbaru Islamic Boarding School and the supporting and inhibiting factors.The subjects in the research were 30 students who boarded at the Nurul Ma'ad Putera Islamic Boarding School, Banjarbaru, while the object of this research was the implementation of the Ta'lim Muta'allim Book about Santri Manners for Ustadz at the Nurul Ma'ad Putera Islamic Boarding School, as well as supporting and inhibiting factors. The research uses observation, interview and documentation techniques. Data management techniques are carried out by collecting data, editing data, classifying data, and interpreting data. The approach used in this research is a qualitative descriptive approach and conclusions are drawn deductively.Based on the research results, it is known that the implementation of the Muta'allim Ta'lim Book Concerning Santri Manners for Ustadz, the method used is the Inductive method at the Nurul Ma'ad Putera Banjarbaru Islamic Boarding School has gone well. Seen from the students who are implementing their manners towards the ustadz according to those in the book Ta'lim Muta'allim at the Nurul Ma'ad Islamic Boarding School, Banjarbaru. Factors that support the implementation of the Book of Ta'lim Muta'allim Concerning Santri Manners for Ustadz at the Nurul Ma'ad Putera Banjarbaru Islamic Boarding School include, among others, the Ustadz, Santri and the environment. There are factors that hinder the implementation of the Ta'lim Mu'taalim Book Concerning Santri Manners for Ustadz, including those from Ustadz, Santri, and the environment. Because many students do not fully understand what the contents of the Book of Ta'lim Mu'taalim Concerning Santri Manners for Ustadz are, the lack of role models or role models for students, as well as the environment that chooses good and bad friends is very influential for students. Keywords: Implementation, Ta'lim Muta'allim, Student Etiquette. Abstrak:Penelitian ini membahas tentang “Implementasi Kitab Ta’lim Muta’allim Tentang Adab Santri Kepada Ustadz Pada Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putera Banjarbaru”. Judul ini diambil dari hasil observasi awal yang diketahui adanya santri yang belum menerapkan adabnya kepada Ustadz yang sesuai dengan isi Kitab Ta’lim Muta’allim. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagamana Impelementasi Kitab Ta’lim Mu’taalim Tentang Adan Santri Terhadap Ustadz Pada Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putera Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek dalam penelitian, ini ialah santri yang mondok di Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putera Banjarbaru berjumlah 30 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Implentasi Kitab Ta’lim Muta’allim Tentang Adab Santri Kepada Ustadz Pada Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putera, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan pengumpulan data, editing, data, klasifikasi data, dan interpretasi data. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Implemtasi Kitab Ta’lim Muta’allim Tentang Adab Santri Kepada Ustadz, metode yang digunakan adalah metedo Induktif pada Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putera Banjarbaru telah berjalan dengan baik. Dilihat dari para santri yang sedang mengimplemtasikan adabnya kepada ustadz sesuai yang ada dalam kitab Ta’lim Muta’allim Pada Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Banjarbaru. Faktor yang mendukung Implementasi Kitab Ta’lim Muta’allim Tentang Adab santri Kepada Ustadz Pada Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Putera Banjarbaru antara lain berasal dari Ustadz, Santri, dan Lingkungan. Adapu faktor yang menghambat Impelementasi Kitab Ta’lim Mu’taalim Tentang Adab Santri Kepada Ustadz antara lain berasal dari Ustadz, Santri, dan Lingkungan. Karena banyak santri yang belum memahami sepenuhnya apa itu isi Kitab Ta’lim Mu’taalim Tentang Adab Santri Kepada Ustadz, kurangnya keteladanan atau mencontohkan kepada santri, serta lingkungan melilih teman yang baik dan yang kurang baik itu sangat berpengaruh bagi santri. Kata Kunci: Adab Santri, Implementasi, Ta’lim Muta’allim.
References
Ali, Suryadharma, Reformasi Paradigma Keilmuan Islam, Malang: Uin Maliki Press, 2013.
As’ad Aliy. Terjemah Talim MUTA’ALLIM Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Kudus:Menara Kudus: 2007.
Azra, Azyumardi Peradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Kompas. 2002.
Naim, Ngainun.Characte Building. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2012.
Qomar,Mujamil.KesadaranPendidikan.Yogyakarta:ArRuzzMedia. 2012.
As’ad Ali. 2007, Terjemah Ta’lim MUTA’ALLIM. Kudus: Menara Kudus.
Asy’ari, Hasyim. Adab Al-alim Wal’mualim. Jombang: Maktabah al- Turasta.
Imam Al-Ghozali. Ihya Ulum al din, Jilid III, Indonesia: Dar Ihya al kotob al Arabi .
Ja’maah Ibn , Etika Akademisi Dalam Islam.
Lillah, M Fathu.2015. Ta’lim MUTA’ALLIM – Kajian dan analisis serta dilengkapi Tanya
jawab. Kediri; Santri salaf proses.
Zarniji, AZ 2015. Ta’lim al – MUTA’ALLIM, terjemah Abu Na’im. Kadiri: Mukjizat.
Zarnuji,Al. Al – Muta’alim, Surabaya:Al – Hidayah.