PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI SMP NEGERI 1 HANAU PEMBUANG HULU

Nur Azmi Aulia

Abstract


Abstract: This research discusses "the application of strengthening character education (PPK) and counseling guidance in forming the personality of students who have moral character at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu". The formulation of the problem in this research is how to implement Strengthening Character Education (PPK) and Guidance Counseling in forming the personality of students who have moral character at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu and what factors influence it. Based on the problem formulation, the aim of this research is to determine the application of Strengthening Character Education (PPK) and Guidance Counseling in forming the personality of students who have moral character at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu and the factors that influence it. There were three subjects in this research, namely two Islamic Religious Education teachers and one BK (counseling guidance) teacher, while the object of this research was the Application of Strengthening Character Education and Counseling Guidance in forming the personality of students with good moral character at SMP NEGERI 1 HANAU Upstream Waste and the factors that influence it. In extracting data, researchers used interview, observation and documentation techniques. Data management techniques are carried out by data collection, editing, data classification and data interpretation. Next, it was analyzed using qualitative descriptive analysis and conclusions were drawn inductively. Based on the research results, it is known that the implementation of Character Education (PPK) and Guidance Counseling in forming the personality of students who have good morals at SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu has been good side by side. The factors that influence school are school factors: based on teacher experience, infrastructure factors, student factors, environmental factors: human resources, social media, culture, the police (stakeholders), parenting patterns, association. Keywords: Application, Character, Education, Guidance and Counseling.   Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “penerapan penguatan pendidikan karakter (PPK) dan bimbingan konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Penguatan Pendidikan karakter (ppk) dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu  serta apa saja faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu serta faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini ada tiga orang yaitu dua dari guru Pendidikan Agama Islam dan satu orang dari guru BK (bimbingan konseling), sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu serta faktor yang mempengaruhinya. Dalam penggalian data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan koleksi data, editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Penerapan Pendidikan Karakter (PPK) dan Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP NEGERI 1 HANAU Pembuang Hulu dalam pelaksanaannya sudah baik secara berdampingan. Adapun faktor yang mempengaruhi disekolah adalah faktor sekolah : berdasarkan pengalaman guru, faktor sarana prasarana, faktor siswa, adapun faktor lingkungan : SDM ( sumber daya manusia ), media sosial, budaya (culture), pihak kepolisian (stakeholder), pola asuh orang tua, pergaulan. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Karakter, Pendidikan, Penerapan.

References


Aat syafaat TB, dkk, penerapan pendidikan agama islam dan mencegah kenakalan remaja,(juveniledelienquency).

Adani anggitha rozinah,”pendidikan milenial perspektif “QS. AL-Ahzab ayat 21(tafsir al-misbah)”,kompasiana.com,jakarta pusat,8 juli 2020,diakses pada tanggal 14 oktober 2020.

Agus Zaenul Fitri,”Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Di Sekolah”,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Al Hakim, Suparman dkk,Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia,Malang: Madani 2016.

Al- Hamid Muhammad bin Ibrahim, Maal Muallimin, Penerjemah, Ahmad Syaikhu Jakarta: Darul Haq, 2002.

An – nahlawi Abdurrahman, “ushulut tarbiyah islamiyah wa asalibiha fii baiti wal madrasi wal mujtama”penerjemah shihabuddin ,jakarta:gema insani press:1996.

Arif Armai, Pengantar Ilmu kjiu Pendidikan Islam,Jakarta :Ciputat Press, 2002.

Azzet Ahmad muhaimin,”bimbingan konseling disekolah”,yogyakarta: Ar – Ruzz Media, 2011.

Badawi,” pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak mulia disekolah”,semnasfip prosiding,hasil dan pembahasan, no. VI ,oktober, 2017.

BerkarakterCerdas”penguatanpendidikankarakter”,https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132,diapload pada tanggal 30 juli 2018,diakses pada hari selasa 20 oktober 2020.

Daradjat Zakiah, Pendidian Islam dalam Keluarga dan Sekolah.

Depag RI.,Al-Qur’an dan Terjemah,Bandung: Diponegoro, 2012.

Departemen agama RI,Al – Qur’an dan terjemahnya.

Dirjen PAUD- Dasmen/direktur pendidikan dasar,pendidikan menengah kemendikbud,”kegiatan antisipasi kekerasan peserta didik jenjang SMP angkatan III” (virtual ),jakarta, 15 september 2020.

Fitri Agus Zaenal,”pendidikan karakter berbasis nilai dan etika sekolah”,yogyakarta: Ar – Ruzz media, 2012.

Gunawan Heri, pendidikan karakter dan implementasi , bandung: CV. Alfabeta,2012.

Hallen A,”bimbingan dan konseling”,jakarta: ciputat press,2002.

Herabudin, Pengantar Sosiologi,Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

hikmawati Fenti, “bimbingan konseling”,jakarta: PT. Raja grafindo persada, 2010.

Ilyas Yunahar,Kuliah Akhlaq,Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Dan Pengamalan Islam/LPPI,2004.

Itjen kamendikbud,apa itu bimbingan konseling ,https: //itjen .kemdikbud .go.id/public /post /detail /apa-itu-bimbingan-konseling,di upload pada 27 Agustus 2019,diakses pada hari jum’at,28 Agustus 2020.

Kompasiana.com,”islam dan penguatan pendidikan karakter”https://kompasiana.com/amp/s/mi/5a82c93bde5757043308a63/islam dan penguatan pendidikan karakter, diapload pada tanggal 13 februari 2018, diakses pada hari kamis 29 oktober 2020.

Lestari Sri,psikologi keluarga penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga,jakarta,kencana,2013.

Lickona Thomas, Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung jawab,Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Lickona Thomas,character matters, jakarta: bumi aksara, 2012.

Majid Abdul, pendidikan karakter perspektif islam,ibid.

Maksudin, “Pendidikan Karakter Non Akademik”, ibid,2011 .

Mansur,Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam,Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2009.

Masnur muslich, pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multimensional.jakarta, 2012.

Moleong Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2001.

S.Margono,Metodologi Penelitian Pendidikan,Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Salim Peter dan yenny salim,kamus bahasa indonesia kontemporer,jakarta:modern English press,2002.

Seputar bandung raya.com,”pengintegrasian PPK dalam kurikulum dan manajemen kelas”.https://www.seputarbandungraya.com/2018/07/pengintegrasian PPK dalam kurikulum dan.html, diapload pada tanggal 27 juli 2018, diakses pada hari kamis 29 oktober 2020.

Sjarkawi, pembentuk kepribadian anak ,jakarta:bumi aksara, 2006.

Sugianto toz,”mengenal konsep PPK dalam pembelajaran kurikulum 2013” https://www.tozsugianto.com/2018/04/memahami konsep ppk dalam pembelajaran kurikulum 2013.html, diapload pada tanggal 19 april 2018, diakses pada tanggal 27 oktober 2020.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Website pendidikan “penguatan pendidikan karakter”,https://www.website pendidikan .com /2017/01/pengertian konsep dasar dan manfaat penguatan pendidikan karakter serta hal penting terkait ppk.html, diapload pada tanggal 01 oktober 2017, diakses pada tanggal 26 oktober 2020.

Yunahar Ilyas,Kuliah Akhlaq,Yogyakarta: LPPI, 2009.

Zubaedi,”Desain Pendidikan Karakter”,Jakarta: Kencana, 2012.

Zuhairni, dkk,”metodik khusus pendidikan agama”,cet.VIII:surabaya: usaha nasional,1983.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v4i2.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International