PEMBINAAN PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI METODE KETELADANAN DI SD NEGERI 3 LUT BANJARBARU

Qurratu A Yunina

Abstract


Abstract: This research discusses "Fostering Akhlakul Karimah Education Through Exemplary Methods at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru". This title was taken based on the results of initial observations, it was discovered that there were student morals that had to be taken into account, such as what happened at SD Negeri 3 LUT when one of the students in class 3B named F brought cigarettes and used them during break times in class. The formulation of the problem in this research is how to foster moral education through exemplary methods for students at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru City and the supporting and inhibiting factors.The subjects in this research were all 4 Islamic Religious Education subject teachers at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru, while the object of this research was the development of Akhlakul Karimah Education through Exemplary Methods for Students at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru as well as supporting and inhibiting factors. Researchers used observation, interview and documentation techniques. Data management techniques are carried out by collecting data, editing data, classifying data, and interpreting data. The approach used in this research is a qualitative descriptive approach and conclusions are drawn deductively.Based on the research results, it is known that the development of akhlakul karimah education through the exemplary method at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru has gone well. It can be seen from the Islamic Religious Education teachers carrying out development of moral education through example using methods of example, stories, advice and religious activities that take place at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru. Factors that support the process of fostering akhlakul karimah education through the exemplary method at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru include support from teachers, students, parents and the environment, while factors that hinder the development of moral education through exemplary methods include teachers, background limited education and knowledge of teachers, students as influenced by friends and changing times, as well as families that are less harmonious and lack of interaction between parents and students, as well as home environments and students' social circles that are far from Islamic values, resulting in obstacles to the development of akhlakul karimah education. through the exemplary method.   Keywords: Activities, Akhlakul Karimah, Religion. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “Pembinaan Pendidikan Akhlakul Karimah Melalui Metode Keteladanan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru”. Judul ini diambil berdasarkan hasil observasi awal diketahui adanya akhlak siswa yang harus diperhatikan seperti yang terjadi di SD Negeri 3 LUT pada salah satu siswa kelas 3B bernama F membawa rokok dan menggunakannya ketika jam istirahat di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan pada Siswa di SD Negeri 3 LUT Kota Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek dalam penelitian ini ialah semua guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah 4 orang SD Negeri 3 LUT Banjarbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pembinaan Pendidikan Akhlakul Karimah Melalui Metode Keteladanan pada Siswa di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambat. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan pengumpulan data, editing data, klasifikasi data, dan interpretasi data. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru telah berjalan dengan baik. Terlihat dari guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui keteladanan menggunakan metode teladanan, ceritera, nasehat dan kegiatan-kegiatan agama akhlakul karimah yang berjalan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru. Faktor yang mendukung proses Pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru antara lain berasal dari dukungan guru, siswa, orang tua dan lingkungan, adapun faktor yang menghambat Pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan antara lain berasal dari guru, latar belakang pendidikan dan pengetahuan guru yang terbatas, siswa sebagai pengaruh teman dan perubahan zaman, serta keluarga yang kurang harmonis dan kurangnya interaksi antara orang tua dengan siswa, serta lingkungan rumah dan lingkungan pergaulan siswa yang jauh dari nilai-nilai islam sehingga mengakibatkan terhambatnya pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan. Kata Kunci: Akhlakul Karimah, Keagamaan, Peran.

References


Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arif, M. Machfud, “Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling Dengan Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlaq Karimah Kepada Siswa SMA N 1 Pleret Bantul Agama Islam”, http://search.jogjalib.com, diakses ada Senin, 08 Maret 2021.

Herabudin, Pengantar Sosiologi, Bandung: CV.Pustaka Setia, 2015.

Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Jakarta: PT. Rosda Karya, 2008.

Marimba, A. D., Pengantar Filsafat Islam. Bandung: Al Maarif.

Muslich, Asnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Musthofa, Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, Nomor 1, Juni 2019.

Najib Sulhan, M.A, Guru yang Berhati Guru, Jakarta: Zikrul Hakim, 2016.

Nata Abudin, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada,2003.

Putra Nusa dan Lisnawati Santi, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: CV.Alfabeta, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV.Alfabeta, 2017.

Suharto Oto Dkk, Rekontruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2005.

Sulhan Najib, Guru yang Berhati Guru, Jakarta: Zikrul Hakim, 2016.

Suryaningsih, “Bijak Memilih Acara Televisi Untuk Anak” http://eprints.umpo.ac.id, diakses pada hari Senin, 08 Maret 2021.

Syarbani Amirulloh dan Akhmad Khuseri, Metode Islam Dalam Membina Akhlak Remaja, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2012.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2009.

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v4i2.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International