PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DIKELAS IV MIN 9 BANJAR

Nurul Karimah, Syarifah Salmah

Abstract


Abstract: This research discusses the problems of implementing the independent curriculum in class IV MIN 9 Banjar. The aim of this research is to find out the problems of implementing the independent curriculum in class IV MIN 9 Banjar, to find out what the problems are in implementing the independent curriculum in class IV MIN 9 Banjar and to find out the solutions made by teachers in dealing with the problems of implementing the independent curriculum in class IV MIN 9 Banjar. The subjects in this research were the principal and homeroom teacher of class IV MIN 9 Banjar. Meanwhile, the object studied is the problem of implementing the independent curriculum at MIN 9 Banjar. Data collection techniques in this research used observation, interview and documentation techniques. Meanwhile, data processing techniques are carried out by reducing data, presenting data, drawing conclusions and analyzing data, then analyzing it descriptively qualitatively.Based on the research results, it is known that the implementation of the independent curriculum has been going on for 2 years, the implementation of the curriculum is being carried out in stages for classes I, II, IV and V. Meanwhile classes III and VI will adopt the independent curriculum in the following academic year. The problems felt by teachers in class IV are difficulties in compiling learning tools, choosing the right method, and determining the appropriate type of assessment. Efforts made by teachers to address problems in implementing the independent curriculum in class IV MIN 9 Banjar held meetings with the teacher working group (KKG), attended independent curriculum training, and coordinated with colleagues. Keywords: Implementation, Independent Curriculum, Problematic. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang problematika penerapan kurikulum merdeka dikelas IV MIN 9 Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika penerapan kurikulum merdeka dikelas IV MIN 9 Banjar, untuk mengetahui apa saja problematika penerapan kurikulum merdeka dikelas IV MIN 9 Banjar dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka dikelas IV MIN 9 Banjar. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan wali kelas IV MIN 9 Banjar. Sedangkan objek yang diteliti adalah problematika penerapan kurikulum merdeka di MIN 9 Banjar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulanan dan analisis data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.             Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan kurikululum merdeka telah berlangsung selama 2 tahun, implementasi kurikulum tersebut dilaksanakan secara bertahap untuk kelas I, II, IV dan V. sementara kelas III, dan VI akan mengadopsi kurikulum merdeka pada tahun ajaran berikutnya. Problematika yang dirasakan guru di kelas IV yaitu kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran, memilih metode yang tepat, dan menentukan jenis penilaian yang cocok. Upaya yang dilakukan guru dalam problematika pada penerapan kurikulum merdeka dikelas IV MIN 9 Banjar mengadakan pertemuan dengan kelompok kerja guru (KKG), mengikuti pelatihan kurikulum merdeka, dan berkoordinasi dengan rekan sejawat.Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Penerapan, Problematika.

References


Ainia, Dela Khoirul. ‘Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter’. Jurnal Filsafat Indonesia 3, no. 3 (2020): 60–71.

Bahri, Samsul. ‘Analisis Kesesuaian Antara Latar Belakang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dengan Mata Pelajaran Yang Diampu’. Jurnal Numeracy 6, no. 1 (2019): 143–52.

Hasmiati, Nurul Fawzani, and Wachida Muhlis. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar’. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar 14, no. 2 (2023): 348–60.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) (2022).

Khusni, Muhammad Fakih, Muhammad Munadi, and Abdul MAtin. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di MIN 1 Wonosobo’. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (2022): 60–71.

Luthfia, Ayudhia Nur, Desy Safitri, and Sujarwo. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Proses Pembelajaran IPS Di SMP 11 Muhammadiyah Jakarta’. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN) 2, no. 1 (2024): 22–27.

Miles, M. B., A.M. Huberman, and J. Saldana. Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook. London: Sage Publication Inc., 2014.

Munirah. ‘Sistem Pendidikan Diindonesia: Antara Keinginan Dan Realita’. Jurnal Auladun 2, no. 2 (2019): 233–45.

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Nisoh, Anan. ‘MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH (Studi Komparasi Lembaga Pendidikan Di Indonesia Madrasah Pembangunan UIN Jakarta) Dan Thailand (Ma’had Al-Ulum Adiniyah Pohontanjong Ruso Narathiwat)’. Tahdzibi 4, no. 2 (2019): 85–94.

Rahmad. ‘Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter’. industry.co, 2017. https://www.industry.co.id/read/10674/peran-keluarga-dalam-pendidikan-karakter.

Roy, Sudipta, Samia Huq, and Aisha Binte Abdur Rob. ‘Faith and Education in Bangladesh: A Review of the Contemporary Landscape and Challenges’. International Journal of Educational Development2 79 (2020).

Sekretariat Negara. Undang-undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Sibagariang, Dahlia. ‘Peran Guru Penggerak Dalam Pendidiksn Merdeka Belajar Di Indonesia’. Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (2021): 88–99.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sukirman. ‘Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru’. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 4, no. 1 (2020): 205–12.

Sumarsih, Ineu, Teni Marlyani, Yadi Hadiyansyah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini. ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 7664–9236.

Yamin, Muhammad, and Syahrir. ‘Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran)’. Jurnal Ilmiah Mandala Education 6, no. 1 (2020): 126–36.

Yosada, Kardius Richi, and Agusta Kurniati. ‘Menciptakan Sekolah Ramah Anak’. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 5, no. 2 (2019): 145–54.

Zakso, Amrazi. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia’. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 13, no. 2 (2022): 916–22.

Zuchdi, Darmiyati, Anik Ghufron, Kastam Syamsi, Masruri, and Muhsinatun Siasah. ‘Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter Di SD, SMP, SMA’. Pendidikan Karakter, no. 1 (2014): 1–10.

Zulaiha, Siti, Meisin, and Tika Meldina. ‘Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar’. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2022): 163–77.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v7i1.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International