MENGANALISA KONSEP, BENTUK-BENTUK DAN TEKNIK PEMILIHAN METODE PEMBELAJARAN PAI

Candra Irawan Satriyo Aji, M. Arif Akhzam, M. Hafizdiar Al-Barkah, Naelatus Syifa

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the concepts, forms and techniques for selecting PAI (Islamic Religious Education) learning methods. The learning process is very important for success, because success in learning is the achievement of predetermined learning goals. To achieve this, it is important for teachers to be able to use a variety of methods and truly understand and master the methods used. Apart from that, teacher accuracy in choosing methods is also very important in the progress of learning, minimizing students who then become sleepy, lazy about learning due to the use of inappropriate methods or could be said to be malteaching. These mistakes in learning need to be avoided, because good learning will produce good students, and these students will become leaders in the future. Therefore, it is necessary for us as teachers to know the procedures or techniques for selecting methods in learning. This research was carried out using the literature study method, namely research in which the data is taken from literature related to the object of research, then the content is analyzed. In writing this manuscript, it states and explains several learning methods and techniques that can be used by educators to achieve educational goals. The implication of this research is that it can increase understanding and effectiveness of teaching Islamic Religious Education, thereby making a positive contribution to the development of religious education in the educational environment. With this article, it is hoped that it will become useful literacy and can raise awareness for many people. Keywords: Learning, Method, Student, Teacher.Abstrak: Studi ini bertujuan untuk menganalisis konsep, bentuk-bentuk dan teknik pemilihan metode pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Proses pembelajaran yang sangat penting untuk sebuah keberhasilan, karena keberhasilan dalam pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk mencapai hal tersebut penting bagi guru untuk bisa menggunakan berbagai variasi metode dan benar-benar memahami dan menguasai metode yang digunakan. Selain itu ketepatan guru dalam memilih metode juga sangat penting dalam berlangsungnya pembelajaran, meminimalisir murid yang kemudian menjadi ngantuk, malas belajar karena penggunaan metode yang kurang tepat atau bisa dikatakan dengan malteaching. Kesalahan-kesalahan dalam pembelajaran ini yang perlu dihindari, karena dengan pembelajaran yang baik maka akan menghasilkan peserta didik yang baik pula, dan murid inilah yang nantinya akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang. Oleh karena itu perlu bagi kita sebagai guru mengetahui tata cara atau teknik pemilihan metode dalam pembelajaran. Penilitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur, yaitu suatu penelitian yang data-datanya diambil dari literatur-literatur yang terkait dengan objek penelitian, kemudian dianalisis isinya. Dalam penulisan naskah ini menyebutkan serta menjelaskan beberapa metode dan juga teknik pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan pemahaman dan keefektifan pengajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan agama di lingkungan pendidikan. Dengan adanya artikel ini diharapkan bisa menjadi literasi yang bermanfaat dan dapat menumbuhkan kesadaran bagi banyak orang.  Kata Kunci: Guru, Metode, Murid, Pembelajaran.

References


Alfauzan, A. Metode dan Pembelajaran Agama Islam. IAIN Bengkulu. (2015).

Arbain, N. Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam di era information and communication Technology. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 49-64. (2016).

Ardansyah, A. F. Pelaksanaan Metode CBSA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Diss. Ponorogo, 2021.

Arief, A. (tth). Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Pers.

Fatniaton, A. Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 68-82. (2021).

Hidayat, W. Metode Keteladanan dan Urgensinya dalam Pendidikan Akhlak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 113-135. (2020).

Kamsinah. Metode dalam Proses Pembelajaran:Sudi tentang ragam dan implementasinya. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (2008).

Khasanah, & Badrotil, S. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam . Journal Islamic Pedagogia. (2023).

Lufri, & Ardi. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH, 2020.

Maesaroh, S. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. (2013).

Mahmud, & Eka, M. Metodologi Khusus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019.

Majid, A. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Majid, A. Pembelajaran Teknik Terpadu . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhammad, Y. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Mulyono. Strategi Pembelajaran. Malang: Uin-Maliki Press, 2012.

Nasution, S. Metode Konvensional Dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12, 263, 2012.

Prastowo, A. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Pramedia Grup, 2016.

Ramdhan, M. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Karya Nusantara, 2021.

Riyanto, H. Pradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Pranadamedia Grup, 2009.

Rohani. Media Pembelajaran. Sumatra Utara, 2020.

S, H. U. Model-model Pembelajaran Efektif. ttp: Bina Mulia Publishing, 2016.

Sutiah, D. a. Pengembangan model pembelajaran pendidikan agama Islam. NLC. (2020).

Tambak, S. Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. (2014).

Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RaSAIL Media Grup, 2008.

Yensari, D. Penerapan Metode Pengajaran Unit Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Khairul Ummah Air Molek. Diss. Riau. (2012).




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v7i2.304

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                         


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International