PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) PADA PENDIDIKAN ISLAM

Rusdiana Rusdiana, M. Ramli AR

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to describe the Utilization of Artificial Intelligence (AI) Based E-learning Learning Model in Islamic Education. This research describes the definition of AI-based E-learning Learning Model and the type of AI-based E-learning application or website that can be utilized in Islamic education. The research method used is literature research. The data collection technique used is reviewing, reading and writing data obtained from various sources both journals and relevant books. While the data analysis technique of this research is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of this research shows that E-learning based on Artificial Intelligence (AI) is one type of learning model that utilizes the sophistication of technology integrated with Artificial Intelligence (AI). E-learning model based on Artificial Intelligence (AI) is an online learning system that utilizes AI technology to increase the effectiveness, personalization, and interactivity of the learning process. The scope of Islamic education that can utilize the sophistication of E-learning models based on Artificial Intelligence (AI) includes Al-Quran and Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh and Islamic History. In addition, there are several kinds of applications or websites that can be useful in Islamic education namely Virtual Assistants and Chatbots Using AI Are Here to Stay | World Economic Forum, AI Chatbot, Voice Assistant, Assess.ai. Keywords: Artificial Intelligence (AI), E-learning, Islamic Education, Learning Model. Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Pemanfaatan Model Pembelajaran E-learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) Pada Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggambarkan seputar pengertian Model Pembelajaran E-learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) serta jenis aplikasi atau website E-learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) yang dapat dimanfaatkan pada pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau literatur. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menelaah, membaca serta menulis data yang didapatkan dari berbagai sumber baik jurnal maupun buku yang relevan. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa E-learning berbasis Artificial Intelegent (AI) adalah salah satu jenis model pada pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang diintegrasikan dengan Artificial Intelegent (AI). Model pembelajaran E-learning berbasis Artificial Intelligence (AI) ialah suatu sistem pembelajaran daring yang memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan efektivitas, personalisasi, dan interaktivitas proses pembelajaran. Ruang lingkup pendidikan Islam yang dapat memanfaatkan kecanggihan model pembelajaran E-learning berbasis Artificial Intelligence (AI) mencakup Al-Quran dan Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih serta Sejarah Islam. Selain itu terdapat beberapa macam aplikasi atau website yang mampu bermanfaat pada pendidikan Islam yakni  Virtual  Assistants  and  Chatbots  Using  AI  Are  Here  to  Stay  |  World  Economic  Forum, Chatbot AI, Voice Asisstant, Assess.ai. Kata Kunci: Artificial Intelegent (AI), E-learning, Model Pembelajaran, Pendidikan     Islam.

References


Abbas, Aswin. “Analisis Survey Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Penulisan Tugas Akhir Karya Tulis Ilmiah (TA-KTI) di Kampus Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate, Maluku Utara, Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan 1, no. 1 (December 27, 2023): 93–96. https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1461.

Andiyanto, Tri. Pendidikan dimasa Covid-19. RAIH ASA SUKSES, n.d.

Astuti, Mardiah, Herlina Herlina, Ibrahim Ibrahim, Miftahur Rahma, Siska Salbiah, and Ima Jumratus Soleha. “Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam.” Concept: Journal of Social Humanities and Education 2, no. 3 (July 31, 2023): 28–40. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.504.

Bahri, Saeful. “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Implementasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Melalui Pelatihan E-learning.” Action Research Journal Indonesia (ARJI) 3, no. 1 (March 30, 2021): 19–32. https://doi.org/10.61227/arji.v3i1.29.

Chusna, Nuke Lulu Ul. “Pembelajaran E-learning.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI 2 (February 8, 2019). https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36.

Fauziyati, Wiwin Rif’atul. “Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (November 25, 2023): 2180–87. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21623.

Febrianti, Indri, Jihan Tuffahati, Ahmad Rifai, Rizky Hasan Affandi, Syakila Pradita, Rizki Akmalia, and Amiruddin Siahaan. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (July 1, 2023): 506–22. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1763.

Hakim, Faisol, Ahmad Fadlillah, and M. Nafiur Rofiq. “Artificial Intellegence (AI) Dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 13, no. 1 (March 11, 2024): 129–44. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1330.

Hakim, Lukman Nul, Abdul Kher, Rahmat Hidayat, and Muhamad Arpah Nurhayat. “Peradaban Islam Dan Teknologi: Konsepsi Artificial Intelligence (AI) Dalam Memahami Sejarah Dan Budaya Islam.” UInScof 1, no. 2 (December 22, 2023): 1328–42.

Kaniawulan, Ismi, and Muhammad Rafi Muttaqin. “Aplikasi E-learning Sebagai Media Untuk Membantu Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi,” n.d.

Khomsinnudin, Khomsinnudin. “Revitalisasi Manajemen Pendidikan Islam Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence Di Stit Darul Ishlah Tulang Bawang.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (January 27, 2024): 137–53. https://doi.org/10.52166/talim.v7i1.6290.

Marieska, Nadila Valerina, Adam Mukhlis, and Ichsan Fauzi Rachman. “Transformasi Inovasi Dalam Peningkatan Literasi Digitaluntuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030.” MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 5 (May 30, 2024): 290–98. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1336.

Pratiwi, Hardiyanti, and Aghnaita. “Permasalahan Belajar Dari Rumah Bagi Guru Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Daerah Terpencil.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6, no. 2 (December 14, 2021): 130–44. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1928.

Prima, Riky, Mulyarjo, Agung Setiawan, and Detri Amelia Chandra. “Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Aplikasi Quipper School Pada SMKN 1 Rambah Samo.” Jurnal MediaTIK, no. 6 (Mei 2023): 2.

Rambung, Olan Sulistia, Sion Sion, Bungamawelona Bungamawelona, Yosinta Banne Puang, and Silva Salenda. “Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (August 29, 2023): 598–612.

Siregar, Alvisa Aulya, Nabila Wahyu Saputri, and Atiqa Sabardila. “Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Digital Di SMPN 3 Colomadu.” Buletin Literasi Budaya Sekolah 5, no. 1 (July 31, 2023): 28–41. https://doi.org/10.23917/blbs.v5i1.22704.

Subroto, Desty Endrawati, Supriandi Supriandi, Rio Wirawan, and Arief Yanto Rukmana. “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 07 (July 31, 2023): 473–80. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542.

Sulandari, Sulandari. “Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal Dan Metoda Pembelajaran E-learning Di Lingkungan Badiklat Kemhan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2020): 176–87. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16.

Sutama, Sutama, and Ira Nur Fajriani. “Media Pembelajaran E-learning Berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal VARIDIKA 33, no. 2 (January 18, 2022): 129–40. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.15330.

Sutarsih, Wiji, and Titik Haryati. “Peran Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 2 (April 26, 2024): 288–95. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2810.

Swiecki, Zachari, Hassan Khosravi, Guanliang Chen, Roberto Martinez-Maldonado, Jason M. Lodge, Sandra Milligan, Neil Selwyn, and Dragan Gašević. “Assessment in the Age of Artificial Intelligence.” Computers and Education: Artificial Intelligence 3 (January 1, 2022): 100075. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100075.

Wahyudi, Dedi, and Khotijah Khotijah. Islamic Education 4.0 Sebuah Revolusi Pendidikan Islam. Edited by Novita Kurniasih. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta, 2021. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7813/.

Widasari, Edita Rosana, Hurriyatul Fitriyah, Fitri Utaminingrum, and Rakhmadhany Primananda. “Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 5 Kota Malang.” DIMASLOKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi Dan Informatika 2, no. 1 (March 20, 2023): 29–34.

Zahara, Sofi Liza, Zahira Ula Azkia, and Muhammad Minan Chusni. “Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP) 3, no. 1 (April 28, 2023): 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022.




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v7i2.513

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                         


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International