PEMBINAAN PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI METODE KETELADANAN DI SD NEGERI 3 LUT BANJARBARU

Nadiyah Nadiyah, Nurul Qomariyah, Siti Rahmawati, Qurratu A Yunina

Abstract


Abstract: This research discusses "Development of Moral Education through Exemplary Method at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru". This title is taken based on the results of preliminary observations, it is known that there are student morals that must be considered, such as what happened at SD Negeri 3 LUT in one of the 3B class students named F brought cigarettes and used them during recess in the classroom. The formulation of the problem in this study is how to foster akhlakul karimah education through exemplary methods in students at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru City and the supporting and inhibiting factors.The subjects in this study were all Islamic Religious Education teachers totaling 4 people of SD Negeri 3 LUT Banjarbaru, while the object in this study was the Development of Akhlakul Karimah Education through the Exemplary Method on Students at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru as well as supporting and inhibiting factors. Researchers used observation, interview and documentation techniques. Data management techniques are carried out by collecting data, editing data, classifying data, and interpreting data. The approach used in this research is a qualitative descriptive approach and deductive conclusions are drawn.Based on the results of the study, it is known that the coaching of akhlakul karimah education through exemplary methods at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru has been running well. It can be seen from the Islamic Religious Education teacher carrying out the guidance of akhlakul karimah education through exemplary using the exemplary method, stories, advice and religious activities of akhlakul karimah that run at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru. Factors that support the process of fostering akhlakul karimah education through exemplary methods at SD Negeri 3 LUT Banjarbaru include the support of teachers, students, parents and the environment, while factors that hinder the fostering of akhlakul karimah education through exemplary methods include teachers, educational backgrounds and limited teacher knowledge, students as the influence of friends and changing times, as well as families that are less harmonious and lack of interaction between parents and students, as well as the home environment and the social environment of students who are far from Islamic values so as to hamper the fostering of akhlakul karimah education through exemplary methods. Keywords: Exemplary Method, Development, Akhlakul Karimah Education. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “Pembinaan Pendidikan Akhlakul Karimah Melalui Metode Keteladanan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru”. Judul ini diambil berdasarkan hasil observasi awal diketahui adanya akhlak siswa yang harus diperhatikan seperti yang terjadi di SD Negeri 3 LUT pada salah satu siswa kelas 3B bernama F membawa rokok dan menggunakannya ketika jam istirahat di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan pada Siswa di SD Negeri 3 LUT Kota Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambatnya.Subjek dalam penelitian ini ialah semua guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah 4 orang SD Negeri 3 LUT Banjarbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pembinaan Pendidikan Akhlakul Karimah Melalui Metode Keteladanan pada Siswa di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambat. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan pengumpulan data, editing data, klasifikasi data, dan interpretasi data. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara deduktif.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru telah berjalan dengan baik. Terlihat dari guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui keteladanan menggunakan metode teladanan, ceritera, nasehat dan kegiatan-kegiatan agama akhlakul karimah yang berjalan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru. Faktor yang mendukung proses Pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan di SD Negeri 3 LUT Banjarbaru antara lain berasal dari dukungan guru, siswa, orang tua dan lingkungan, adapun faktor yang menghambat Pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan antara lain berasal dari guru, latar belakang pendidikan dan pengetahuan guru yang terbatas, siswa sebagai pengaruh teman dan perubahan zaman, serta keluarga yang kurang harmonis dan kurangnya interaksi antara orang tua dengan siswa, serta lingkungan rumah dan lingkungan pergaulan siswa yang jauh dari nilai-nilai islam sehingga mengakibatkan terhambatnya pembinaan pendidikan akhlakul karimah melalui metode keteladanan. Kata Kunci: Metode Keteladanan, Pembinaan, Pendidikan Akhlakul Karimah.

References


A, Najib Sulhan, M., Guru yang Berhati Guru, Jakarta: Zikrul Hakim, 2016.

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arif, M. Machfud, “Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling Dengan Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlaq Karimah Kepada Siswa SMA N 1 Pleret Bantul Agama Islam”, http://search.jogjalib.com, diakses ada Senin, 08 Maret 2021.

Herabudin, Pengantar Sosiologi, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Jakarta: PT. Rosda Karya, 2008.

Marimba, A. D., Pengantar Filsafat Islam, Bandung: Al Maarif.

Muslich, Asnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Musthofa, Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Studi Keislaman, Vol.5, Nomor 1, Juni 2019.

Nata, Abudin, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Suharto, Oto, dkk, Rekontruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2005.

Suryaningsih, “Bijak Memilih Acara Televisi Untuk Anak” http://eprints.umpo.ac.id, diakses pada hari Senin, 08 Maret 2021.

Syarbani, Amirulloh, dan Akhmad Khusairi, Metode Islam dalam Membina Akhlak Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Undang- Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2009.

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v3i2.355

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                       


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International