PEMBIASAAN POLA HIDUP BERSIH SANTRI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERA BANJARBARU KECAMATAN LIANG ANGGANG

Abdan Abdan

Abstract


Abstract:  Getting used to a clean lifestyle for students at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School, Liang Anggang sub-district, including daily santi dress patterns, clean lifestyle patterns in the dormitory, clean lifestyle patterns in the classroom, clean lifestyle patterns in the environment around the boarding school as well as factors that influence the students, head dormitories, teachers and environment, as well as other activities. So this research aims to find out the extent of the internalization of the pattern of clean living habits of students at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic boarding school and the factors that influence it. The subjects in this research were teachers and students in the boarding school environment, both in the classroom, dormitory and daily life as well as the environment around the Al Falah Banjarbaru Islamic Boarding School in 2015/2016. Meanwhile, the object of this research is the Clean Lifestyle Habituation of Santri at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School. In extracting data, the author used participant observation techniques, interviews and documentation, data processing techniques were carried out by editing, data classification and data interpretation. Next, it was analyzed using qualitative descriptive analysis and conclusions were drawn deductively. Based on the research results, it is known that in general, improving the lifestyle of students at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School is related to the regulations that have been prepared and have been implemented actively, everything is going well and the students wear clean clothes, maintain and implement cleanliness of the classroom, dormitory environment, although it has not been implemented perfectly in the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School environment. Factors that influence the pattern of encouraging clean living at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School include, student factors, dormitory head factors, teacher factors, environmental factors, and infrastructure factors that support the habituation of a clean lifestyle for students at the Al Falah Islamic Boarding School. Putera Banjarbaru, even though there are still shortcomings. Keywords: Clean Lifestyle, Habits. Abstrak:   Pembiasaan Pola Hidup Bersih Santri di  Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru kecamatan liang anggang, diantaranya pola berpakaian keseharian santi,pola hidup bersih di asrama, pola hidup bersih didalam kelas, pola hidup bersih di lingkungan sekitar pondok serta faktor-faktor yang mempengaruhi santri, ketua asrama, guru dan lingkungan, serta kegiatan lainnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana realisasi internalisasi tentang pola pembiasaan hidup bersih santri pondok pesantren Al Falah Putera Banjarbaru serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan santri di lingkungan pondok, baik di kelas, asrama dan keseharian serta lingkungan sekitar Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru pada tahun 2015/2016. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pembiasaan Pola Hidup Bersih Santri di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru. Dalam penggalian data, penulis menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi, teknik pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi data dan penafsiran data. Selanjutnya dianalisis dengan analisa deskriptif kualitatif dan ditarik simpul secara dedukatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa secara garis besar pembisaan pola hidup santri di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru berkaitan dengan peraturan-peraturan yang disusun dan telah dilaksanakan dengan aktif, semuanya berjalan dengan baik dan santri menerapkan pakaian bersih,  menjaga dan melaksanakan kebersihan ruangan kelas, lingkungan asrama, meskipun belum terlaksana dengan sempurna  di lingkungan Pondok Pesentren Al Falah Putera Banjarbaru. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pembisaan hidup bersih santri Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru yaitu meliputi, faktor santri, faktor ketua asrama, faktor guru, faktor lingkungan, dan faktor sarana prasarana yang  mendukung dalam pembiasan pola hidup bersih bagi santri di Pondok Pesentren Al Falah Putera Banjarbaru, mekipun masih ada terdapat kekurangan-kekurangan. Kata Kunci: Pembiasaan, Pola Hidup Bersih.

References


Al Hasyimi, Ahmad, Mukhtarul Al Hadist An Nabawiyah Wal Hikami Al Muhammadiyah, Libanun: Darul Al Fiqri, 2001.

As Syafi’i, Muhammad bin Idris, Al Umm Karangan Imam As Syafi’i, Terjemah Prof. TK. H. Ismal Yakub SH.MA, Semarang: CV. Faizan.

Asror, Miftahul dan Yuli Farida, Rahasia Sunah Mengungkap Hikamah Dibalik Sunah Fitrah, Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi, 2010.

Aziz, Amka Abdul, Guru Profesional Berkarakter, Kalimantan Selatan: Cempaka Putih, 2012.

Baharun, Segaf Hasan, Bagaimanakah Anda Menunaikan Shalat Dengan Benar, Jawa Timur: Yayasan Pondok Pesantren Darullughah wadda’wah Bangil.

Bakeri, Ahmad, Kumpulan Mudzakarah, Kalimantan Selatan: PT. Grafika Wangi Kalimantan, 2003.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES, cet. 2. 1994.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2005.

Fatah, Rohadi Abdul dkk, Rekonstruksi Pesantren Masa Depan Dari Tradisional, Modern Hingga Post Modern.

Moelong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. III.

Muhammad, Sunan Turmudzi Al Jamiu As Sohihu Juz 4, 2951, Semarang: Putra Semarang.

Muslim, Sahih Muslim, Indonesia: Daru Ihya Al Kutubu Al Arabiah, Juz 1.

Notoatmodjo Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Pdf:jt ptiaing dlinunnimah 344621 skripsi P.

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Sukarman, Heri, Dasar-Dasar Didaktik Penerapannya dalam Pembelajaran, Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003.

Suprayekti, Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta; Depdiknas Dirjen Pendasmen, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003.

Tanti Yuniar Sip, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, PT. Agung Media Mulia.

Tatang, Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Tim Redaksi, Buletin Al Falah Media Informasi Tahunan, Banjarbaru: Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru, 2009.

Tim Redaksi, Buletin Al Falah Media Informasi Tahunan, Banjarbaru: Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru, 2008.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 Tentang, Badan Hukum Pendidikan (BHP), Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri, 2009.

Uno, Hamzah B. dan Satria Koni, Assessment Pembelajaran, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2012.

Yasmadi, Modernisasi Pesantren. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Zamzam, Ahmad Fahmi, Terjemah Bidayatu Al Hidayah Karangan Imam Hujjah Al Islam Abu Hamid Al Ghazali, Banjarbaru: Darul Islam Yasin, 2008.

Http:www.academia.edu/12384784/Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.html.

Http://www.scribd.com/doc/33397671/Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dan Akhlak.html

Http://www.scribd.com/document/318447455/Laporan Pengamatan Lingkungan Sekolah. html.

Http://Kebersihan Negara Jepang Yang Dikagumi Dunia Anak Regular.html.

Http://Mutiara Endah, tarmizi.wordpress.com. Membuat aturan kedisiplinan siswa.html.

Http://www.ramepedia.com/2015/03/kunci-sukses-orang-jepang-disiplin.html.

Http://www.perdhaki.org content perilaku hidup bersih dan sehat.html.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v5i1.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International