METODE PENDIDIKAN AKHLAK PADA SANTRI TAJHIZI DI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERA BANJARBARU

Abdul Kafi

Abstract


Abstract: This research discusses methods of moral education for tajhizi students at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School. The formulation of the problem in this research is the method of moral education for tajhizi students and what factors influence the application of moral education methods for tajhizi students at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School. Based on the problem formulation, the aim of this research is to determine the method of moral education for Tajhizi students and to find out what factors influence the application of moral education methods for Tajhizi students at the Al Falah Putera Banjarbaru Islamic Boarding School. The subjects in this research were two ustadz teaching morals subjects and several tajhizi students for the 2015/2016 academic year, while the object of this research was moral education methods. The data mining techniques used were participant observation, interviews and documentation. Data processing techniques are carried out by editing, data classification and data interpretation. Next, it was analyzed using qualitative descriptive analysis and conclusions were drawn inductively. Based on the research results, it is known that the moral education method for tajhizi students at the Al Falah Putera Islamic Boarding School has generally been implemented quite well, this is influenced by several factors, including the experience and educational background of the ustadz who is a graduate majoring in PAI and an alumni of the Al Islamic Boarding School Falah himself, another factor is the students' strong motivation to learn and implement noble moral values and a supportive dormitory environment. Keywords: Method, Moral Education, Tajhizi. Abstrak:   Penelitian ini membahas tentang metode pendidikan akhlak pada santri tajhizi di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan akhlak pada santri tajhizi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan metode pendidikan akhlak pada santri tajhizi di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan akhlak pada santri tajhizi dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan metode pendidikan akhlak pada santri tajhizi di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ustadz pengampu mata pelajaran akhlak dan beberapa santri tajhizi tahun ajaran 2015/2016, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pendidikan akhlak. Teknik penggalian data yang digunakan yaitu teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan ditarik kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode pendidikan akhlak pada santri tajhizi di Pondok Pesantren Al Falah Putera secara umum sudah terlaksana dengan cukup baik, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pengalaman dan latar belakang pendidikan ustadz yang merupakan sarjana jurusan PAI sekaligus alumni Pondok Pesantren Al Falah sendiri, faktor lain ialah motivasi santri yang kuat untuk mempelajari dan mengimplementasikan nilai-nilai akhlak yang mulia dan lingkungan asrama yang mendukung. Kata Kunci: Metode, Pendidikan Akhlak, Tajhizi.

References


Abdullah Yatimin, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Afifuddin dan Ahmad Saebani Beni, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009.

Ahmadi Abu, Didaktik Metodik, Semarang: CV.Toha Putera, 1975.

Ahmadi Abu dan Salimi Noor, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Ahmad Supadie Didiek dan Sarjuni, Pengantar Studi Islam, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Al Abrasyi Muhammad Athiyah, Dasar-Dasar Penddidkan Islam, Terjemah Bustami Abdul Ghani, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

Al Khal’awi Mahmud, Mendidik Anak Dengan Cerdas, Solo: Insan Kamil, 2007.

Al Madi Muhammad, Biabdil Rauf Al Manawi Phaidul Qodir Syarah Al Jami Al Shaghir, Mesir: Musthofa Muhammad, 1938.

Arifin.M, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

-----------, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Armai Arief, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Bukhari, Al-Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Ismail, al-Shahih Bukhari Beirut: Dar Al-kotob Al-Islamiyah 2, tth

Daradjat Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2006.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Djamarah Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Fathoni Abdurrahman, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2011.

Husin Al Munawwar Said Agil, Aktualisasi Nilai-Nilai Qurani Dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001.

Jalaluddin dan Said Usman, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2002.

Jaudah Muhammad Awwad, Mendidik Anak Secara Islami, Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga, Departemen Pendidikan Nasional, (Jakarta; Balai Pustaka, 2009.

Margono.S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Masy’ari Anwar, Akhlak al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 2007.

Maunah Binti, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Teras, 2009.

Mujib Abdul, Mudzakkir Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006.

Muriah Siti, Metode Dakwah Kontemporer, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000.

Mustofa Ahmad, Akhlak Tasawuf, Bandung: CV. Pustaka Setia,1999.

Noer Aly Hery, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002.

Nor Wan Daud Wan Muhammad, Filsafat Islam Dan Praktek Pendidikan Islam Syed M.Naquib Al Attas, Bandung: Mizan, 2003.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Ruswandi Uus, Orientasi Pendidikan Umum dan Pembinaaan Akhlak Remaja, Dalam Cakrawala Pemikiraan Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2001.

Samani Muchlas, Menggagas Pendidikan Bermakna, Surabaya: SIC, 2007.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Suardi Edi, Pedagogik 2 Bandung: Angkasa, 2001.

Suparta.M dan Noer Aly Hery, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amissco, 2003.

Syafaat Aat dan Sahrani Sohari, Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Tim Redaksi, Buletin Al Falah Media Informasi Tahunan, Banjarbaru: Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru, 2008.

Uhbiyati Nur, dan Ahmadi Abu, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV.Pustaka Setia, 1997.

Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan Islam Untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Usman Basyiruddin, Metode Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

UU Sisdiknas, UU RI no 20 Tahun 2003, Bab I, Pasal I no.I, Jakarta: Sunan Grafika, 2003.

Wikipedia 1993:119, https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2016/06/21kelebihan-kekurangan-metode/.html

Zuhairini, dkk, Metodologi Pendidikan Agama, Bandung: Ramadhani,1993.

Zuhaili Muhammad, Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini, Jakarta: CV.Mustika Bahmid, 2002.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v5i1.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International