PENERAPAN MODEL KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI PERDAMAIAN

Shofia Aspihani, Siti Shalihah

Abstract


Abstract: The selection of a learning model is one of the alternatives taken by a teacher in the teaching and learning process, in order to achieve learning objectives that are in line with the abilities of the students. The purpose of this study is to describe the application of the cooperative model to be able to increase the scientific literacy of fifth grade students in science learning. This type of research is descriptive research using a qualitative approach, namely research procedures that produce descriptive data in the form of written or spoken words. This research uses a case study type. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. The results showed that the application of the cooperative learning model to improve scientific literacy of fifth grade students in science subjects at MI Peace can be seen from the teaching and learning process in grade V. The science learning process in grade V when the teacher applied the cooperative learning model, students seemed able to express their thinking and enthusiasm in learning and improving students' scientific literacy skills have begun to experience developments both in the aspects of knowledge, processes and students' science attitudes. Keywords: Cooperative Model, Implementation, Science Learning, Science Literacy. Abstrak: Pemilihan model pembelajaran adalah salah satu alternatif yang diambil oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar, guna tercapainya tujuan pembelajaran yang sejalan dengan kemampuan yang dimiliki siswa.. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif untuk dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Perdamaian dapat dilihat dari proses belajar mengajar di kelas V. Proses pembelajaran IPA di kelas V ketika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif, siswa terlihat mampu untuk mengemukakan pemikirannya dan antusias dalam belajar serta peningkatan kemampuan literasi sains siswa sudah mulai mengalami perkembangan baik pada aspek pengetahuan, proses maupun sikap sains siswa. Faktor pendukung dan penghambat penerapan model kooperatif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA yaitu faktor guru meliputi persiapan guru, penguasaan materi serta kemampuan menerapkan model kooperatif. Kata Kunci: Literasi Sains, Model Kooperatif,  Penerapan, Pembelajaran IPA.

References


Adjis, Kirana Maulidina. "Penerapan 5C dalam Pembiayaan Murabahah Di BMT Mitra Reksa Bakti." (2016).

Albi A, Johan S. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Cv. Jejak,Okt, 2018. Jawa Barat)

Chrtine D, Immy H. Metode-Metode Riset Kualitatif Dalam Public Relations & Marketing Communications (PT. Bnetang Pustaka, Mei,2020. Yogyakarta).

Fortuna, Retno Aulia, and Yanti Fitria. "Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19." Jurnal Basicedu 5.4 (2021): 2054- 2061.

Hasanah, Zuriatun. "Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa." Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1.1 (2021): 113.

Hidayati, Fitria, and Julianto Julianto. "Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika". 2018.

Huda, M. Cooperatif Learning, Metode, tekhnik, dan model penerapan. Surabaya: Pustaka Pelajar. (2011)

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaelan, MS (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma, 2(3).

Imran, Fitri Azmi. Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Baca Tulis Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 2 Sdn Tlekung 02 Batu. Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2019.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Johari, K., Ismail, Z., Osman, S., & Othman, A. T. (2009). Pengaruh Jenis Latihan Guru dan Pengalaman Mengajar Terhadap Efikasi Guru Sekolah Menengah (The Influence of Teacher Training and Teaching Experience on Secondary School Teacher Efficacy). Jurnal Pendidikan Malaysia, 34(2), 3-14.

Mahardika, A. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournamen) Terhadap Hasil Belajar Tema 5 Kelas III SDN Purwantoro 2 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). (2018).

Miles, Matthew B, Huberman, A Michael, and Saldana, Johnny. “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook”. 2014

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa.

Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42. (2019).

Putri, Ni Kadek Anggita. "Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar." (2017)

Ratnasari, N. Y., & Ansori, Y. Z. (2020, November). Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Gandu I Tahun Ajaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Ratumanan, Tanwey Gerson, and Imas Rosmiati. "Perencanaan pembelajaran." Depok: PT Raja Grafindo Persada (2019).

Rianto, M. Pd. "Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan." Kencana, Jakarta (2010).

Sahariyyah, Nafhatus. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Cooperative Learning Melalui Strategi Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas Iv Mi Al Muniroh Ii Ujungpangkah Gresik. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2013.

Sahmanita, Riqqah Salsabila. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VA SDN Pasanggrahan I Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang pada Materi Kondisi Geografis Pulau-pulau di Indonesia. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2019.

Slavin Robert, E. Cooperative learning. London: Allymand Bacon. (2005)

Sulistio, Andi, and Nik Haryanti. "Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model)." (2022).

Suprijono, Agus. Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, 2009. Susanto, Ahmad. "Teori belajar dan pembelajaran." Jakarta: Prenadamedia Group (2013). Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2006.

Yuliati, Y. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2). (2017).




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v7i2.560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

          

          

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International